Kuliner Indonesia Bius Negeri Menara Eiffel

IndonesiaNew, PARIS – Kuliner Indonesia ditampilkan di Gala Dinner Academy International of Gastronomy di Hotel Le Bristol Paris, Perancis. Hasilnya, kuliner Indonesia fantastis!

Masakan Indonesia berhasil memukau para Presiden Gastronomi dari beberapa negara yang berkumpul di Paris untuk kongres tahun 2017, Senin 6 Februari, di Perancis.

Bahkan, Indonesia memiliki 17 persen dari species dunia dapat ditemui di Indonesia yang lebih dari 17.000 kepulauan dan lebih dari 1.300 suku, 2.500 ikan air laut,  2.184 ikan air tawar dan 40.000 species tanaman.

“Budaya di Indonesia sangat berdampak pada kebiasaan makan di Indonesia melahirkan lebih dari 5.000 resep tradisional,” jelas ujar Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar RI Vita Datau Messakh di Paris, Senin (6/2/2017).

Diakuinya, kekayaan budaya Kuliner Indonesia yang beragam menjadi warna warni penyajian di Gala Dinner yang dihadiri para Presiden Gastronomi dari beberapa negara.

Selain menampilkan kulinernya, Indonesia juga mempromosikan karya budaya kuliner Indonesia sebagai negara Gastronomi terkaya di belahan bumi ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dulu start menggunakan diplomasi kuliner untuk mendongkrak wisatanya.

“Thailand sudah menggunakan tagline The Kitchen of the World, dan disupport oleh pemerintah. Malaysia juga melakukan dengan Malaysia kitchen for the world. Materi kuliner kita juga sangat beragam dan kuat,” paparnya.

Arief Yahya menilai kuliner dan belanja itu dua hal yang penting dalam Pariwisata. Bukan hanya destinasi alam dan buatan saja, yang bisa menjadi pelengkap atraksi wisata.

“Bentuk asli bumbu  dan bahan yang digunakan dalam Sorbet Kecombrang dan Rawon Espresso. Pengolahan dan seni presentasi dari tim yang dipimpin oleh William Wongso ahli Kuliner Indonesia,” lanjutnya.

Asisten Deputi Promosi Pariwisata Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya membawa misi Promosi Wonderful Indonesia terlihat sangat bahagia menerima pujian dari para tamu yang hadir.

”Silahkan datang ke Indonesia, acara ini adalah kolaborasi yang Indah dan menyatukan Budaya serta seni kuliner  dalam format lengkap termasuk tarian Indonesia. Semua menyatu dan ada  dalam Wonderful Indonesia, semuanya ada di Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*