Kuliner Indonesia Ini Bakal Didaftarkan ke UNESCO

IndonesiaNew, JAKARTA РIndonesia terkenal dengan kuliner yang kaya akan rasa dan kelezatannya. Hal inilah membuat Indonesia bakal mendaftarkan kulinernya ke UNESCO. Kuliner apa sajakah itu?

Menurut Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia mengaku bila hingga kini belum ada satu pun kuliner Indonesia yang terdaftar sebagai warisan dunia.

“Kementerian Pariwisata Indonesia terus menggodok kuliner mana saja yang akan didaftarkan ke UNESCO, dari sekian banyak ada beberapa yang akan didaftarkan,” jelasnya kepada IndonesiaNew di acara Blue Band di Plataran Dharmawangsa, Rabu (14/12/2016).

Kuliner Indonesia tersebut adalah rendang, nasi goreng, soto serta sate. Diakuinya, kuliner ini memiliki latar belakang yang sudah mendunia.

“Kita tahu bahwa rendang, sate dan nasi goreng sudah mendunia. Rendang diakui CNN sebagai makanan terlezat sedangkan sate dan nasi goreng sudah familiar dengan lidah masyarakat dunia. Sedangkan soto menjadi kuliner di Tanah Air yang memiliki lebih dari 20 jenis soto,” paparnya.

Vita Datau menjelaskan jika pihaknya terus melakukan pergerakan cepat, bahkan targetnya adalah sebelum akhir 2017.

“Indonesia harus sepakat untuk memiliki kuliner yang lezat dan didaftarkan ke UNESCO karena negara lain sudah serius dalam menggarap kuliner. Jadi jangan sampai ada persoalan klaim, baru Indonesia bergerak,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*