Kereta api di Indonesia (Foto: Imgrum)

Lebih dari 20 Kilogram, Barang Bawaan Kamu di Kereta Kena Charge!

IndonesiaNew, JAKARTA – Jika selama ini membawa barang bawaan ke kereta api tak pernah dikenakan biaya. Kini, sejak akhir 2015 maka lebih dari 20 kilogram dikenakan biaya.

Dilansir dari laman Kereta Api Indonesia,  Sabtu (7/1/2017) terdapat aturan baru di mana sejak akhir 2015 barang bawaan yang masuk ke dalam kereta api dibatasi dengan maksimal berat 20 kg atau volume 100 dm³ (70x48x30 cm) per penumpang.

Di mana, seiap kelebihan per kilogramnya akan dikenakan biaya dengan harga yang berbeda, semua bergantung pada kelasnya, harganya berkisar antara Rp2 ribu sampai Rp10 ribu.

Untuk barang bawaan yang beratnya tidak lebih dari 20 kg, namun barang tersebut tidak muat dalam alat ukur volume serta ukurannya tidak lebih besar dari 200 dm³ maka akan tetap dikenakan penambahan biaya.

Jangan khawatir, pasalnya setiap petugas boarding akan membantu menimbang setiap barang bawaan besar yang dibawa oleh Kamu.

Petugas akan mengarahkan penumpang untuk membayar bea kelebihan bagasi pada loket pembayaran jika Anda membawa barang di luar batas yang digratiskan.  Kebijakan ini tentunya bagus supaya Anda tetap nyaman membawa barang dan tidak merugikan penumpang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*