Surfing (Foto: Quicksilver)

Liga Surfing Dunia Ramaikan Sail Nias 2019

IndonesiaNew, JAKARTA – Sail Nias 2019 siap digelar, dalam event tersebut terdapat kejuaraan liga surfing dunia. Seluruh peselancar dunia siap beradu di ombak demi membawa nama negara, euphoria Sail Nias 2019 pun dipastikan menghidupkan wilayah yang masuk dalam Propinsi Sumatera Utara tersebut.

Menkumham Yasona Laoly mengatakan bahwa tema kali ini yakni Nias menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia mengatakan bahwa sektor pariwisata diyakini menjadi salah satu sektor andalan dalam perekonomian nasional Indonesia.

“Keseruan Sail Nias 2019 kian hidup karena Nias menjadi tempat penyelenggaraan World Surf League 2019,” tegasnya di Hotel Sultan, Kamis (14/3/2019).

Yasona Laoly yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Sail Nias 2019 ini mengaku bahwa Pantai Sorake menjadi tempat yang dipilih guna mengadakan liga surfing berkelas dunia tersebut.

“Pantai Sorake terkenal dengan ombaknya, sehingga sangat layak dijadikan tempat kejuaraan dunia surfing,” bebernya lagi.

Selain kejuaraan dunia surfing, Sail Nias 2019 juga diramaikan dengan beragam event diantaranya Festival Lompat Batu se-Kepulauan Nias, atraksi terjun paying hingga turnamen fishing serta internasional free dive, belum lagi wind surving and surfing championship.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani mengungkapkan event ini bisa mempercepat pembangunan Kepulauan Nias sehingga bertujuan mempromosikan daerah sebagai destinasi internasional dan nasional oomatis membawa dampak kepada Indonesia yang memiliki identitas sebagai negara kepulauan.

“Kombinasi alam dan budaya menjadi kekuatan Nias, contohnya ombak yang besar serta lompat batu yang menjadi daya tarik wisatawan ke Nias,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai bahwa Nias mempunyai potensi wisata kelas dunia yakni sebagai lokasi surfing terbaik di dunia yang memiliki daya tarik wisata sejarah (arkeologi) meglitikum yang hingga kini terawatt dengan baik.

“Sektor pariwisata Nias secara khusus oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya 19 Agustus 2016 yang lalu menetapkan Nias sebagai salah satu sektor unggulan perikanan dan kelautan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*