Lion Air Pastikan Buka Rute Solo ke Kuala Lumpur

IndonesiaNew, SOLO – Gerak cepat Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam persoalan akses terus diperlihatkan. Bahkan, kali ini maskapai Lion Air telah membuka rute ke Kuala Lumpur, Malaysia ke Solo.

Dengan kemudahan ini maka akses menuju destinasi Joglosemar dengan ikon Borobudur makin terbuka. Ini setelah Lion Air, Rabu 22 Februari 2017 membuka rute baru penerbangan Solo Kuala Lumpur, 7 kali seminggu.

“Terima kasih Lion Air, telah membuka jalur penerbangan ke Solo. Itu akan menambah pintu masuk ke Joglosemar,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, baru-baru ini.

Solo akan dijadikan hub selatan bagi Lion. Bandara Adi Sumarmo memang masih terbuka lebar, baru terisi 40 persen saja. Sedangkan Bandara Adi Sucipto Jogja sudah overload. “Karena itu Solo berpotensi besar, karena masih terbuka lebar,” ungkap Arief Yahya.

Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsensius Jemadu mengatakan ini adalah keputusan menggembirakan bagi Pariwisata. Karena dengan dibukanya penerbangan tersebut, maka membuka akses penerbangan untuk destinasi yang ada di Jogjakarta, Solo dan Semarang atau biasa disebut dengan Joglosemar.

Apalagi, di dalam rentetan destinasi Joglosemar ada Candi Borobudur yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi prioritas yang juga ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Maskapai Lion Air membuka penerbangan langsung rute Solo-Kuala Lumpur, Malaysia menjadi bukti kemudahan wisatawan ke Borobudur melalui bandara Adi Soemarmo, Solo,” paparnya.

Diakuinya, penerbangan dengan rute dari Solo pada pukul 10.40 WIB. Sedangkan tujuan Kuala Lumpur-Solo dilayani pukul 14.50 waktu setempat. Penerbangan ini dilayani setiap hari.

Tak itu saja, pembukaan rute internasional dari Solo merupakan pengembangan jaringan konektivitas Lion Air di Solo yang menjadikan Bandara Adi Soemarmo sebagai bandara penghubung yang telah diresmikan oleh Menhub Budi Karya pada Oktober tahun lalu.

“Dijadikannya bandara Solo menjadi hub maka penumpang seperti dari Balikpapan, Lombok, Banjarmasin, yang akan ke Kuala Lumpur bisa melalui Solo, jadi ketika wisatawan ke Solo akan punya banyak pilihan ke destinasi lain,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*