Formula One (Foto: F1)

Mandalika Lombok Siapkan Sirkuit F1 untuk Indonesia di 2019

IndonesiaNew, LOMBOK – Selain membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), nyatanya Lombok juga mempersiapkan sirkuit terbaik di Mandalika yang akan hadir di 2019.

Minimnya sarana balapan di Indonesia, membuat Lombok tergerak hatinya untuk memberikan sarana balapan terbaik. Rencananya, akan dibangun di atas lahan tanah 500 hektar di Mandalika.

Sirkuit berkelas Formula one di Mandalika ini akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama terindah. Para rider akan disuguhkan pemandangan laguna, solar cell farm, lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta panorama Samudera Hindia.

“Gerak cepat ini dilakukan untuk mengejar target rencana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix Mandalika pada 2019 yang penyelenggaraannya akan dibantu Roadgrip Motorsports UK Ltd,” ucap Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer di Lombok, Senin (30/1/2017).

Baginya mengatakan bila terealisasi maka sirkuit Formula One di Mandalika ini akan menjadi sorotan dunia. Apalagi, ratusan juta pasang mata terfokus di objek wisata Mandalika yang sudah dilabeli kuat Wonderful Indonesia itu.

Abdulbar memprediksi setidaknya Rp3,9 triliun bisa didulang dari tiap even kelas dunia yang digelar di Mandalika. Bahkan, itu belum termasuk potensi tourism yang disebut mencapai sekira Rp1,3 triliun.

“Media valuenya lain lagi. Kalau even sekelas MotoGP bisa mencapai Rp 2,6 triliun. Belum lagi income dari tiket. Itu sebabnya kami ngotot membangun sirkuit kelas dunia di Mandalika,” terangnya.

Lantas, bagaimana dengan respon Menteri Pariwisata Arief Yahya? “Planning yang matang, lalu actions yang cepat dengan prinsip WinWay, Wonderful Indonesia Way, Solid, Speed, Smart. Makin hebat atraksi, makin global standart, makin kuat positioning Mandalika sebagai destinasi prioritas,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*