Air mancur Sri Baduga di Purwakarta berkelas dunia (Foto: IndonesiaNew)

Mantap! Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Dibuka Hari Ini

IndonesiaNew, PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi benar-benar menepati janjinya. Pasalnya, hari ini air mancur Sri Baduga Purwakarta resmi dibuka!

Air mancur Sri Baduga Purwakarta ini harus melalui tahapan Pembangunan hingga tiga kali, di mana proses pertama dimulai dari 2014 pada pembangunan air mancur yang berada di tengah danau.

Selanjutnya, tahap ke-2 di 2015, di mana pembangunan air mancur berikutnya berada di sekeliling danau dan ditambah dengan laser dan efek api.

Terakhir, tahap ke-3 pada 2016 atau awal 2017 dengan penambahan laser pada air mancur dan ditambah dengan kursi dan wifi di Taman Air Mancur Sri Baduga.

“Untuk pengembangan direncanakan sampai dengan tahap ke-9. Setiap tahapan tersebut akan menampilkan keunikan dan penggunaan teknologi, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar,” ucap Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada IndonesiaNew, Sabtu (18/2/2017).

Diakuinya, taman air mancur Sri Baduga menjadi kebanggaan bagi warga Kabupaten Purwakarta sehingga kian memantapkan Purwakarta menjadi Destinasi 1.000 Taman dan 1.000 Patung.

Dedi Mulyadi menambahkan taman air mancur Sri Baduga Purwakarta merupakan sebuah danau kecil yang disebut dengan Situ Buleud, Purwakarta.

Air mancur ini berada di di taman Sri Baduga dan menjadi air mancur terbesar se-Asia Tenggara, dengan luas ± 3 hektar. Air mancur ini merupakan pengembangan dari destinasi wisata Situ Buleud yang dibangun sejak tahun 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada bulan Januari Tahun 2014.

Dengan pergerakan yang dilakukan oleh Dedi Mulyadi tentu mendapat respon positif dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Air mancur ini namanya air mancur Sri Baduga, biar gampang dikenal sebut saja air mancur Purwakarta. Kita populerkan saja ke dunia. Pokoknya kalian harus datang dan nikmati, kalau enggak kesini rugi banget,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya sambil tersenyum.

Menurutnya, air mancur di Purwakarta ini bisa mengalahkan air mancur terbesar di dunia yang ada di Burj Khalifa, Dubai. Baginya, air mancur di Purwakarta harus menggabungkan performing art.

“Air mancur Purwakarta ini bisa mengalahkan Dubai. Caranya bagaimana? Gabungkan saja dengan pentas seni yang sifatnya kolosal, apalagi basik dasarnya sudah penuh dengan soundsystem yang bagus. Bayangkan saja, air mancur di Dubai itu setiap harinya 2 juta orang wisatawan datang untuk melihat dan di Indonesia juga memiliki sehingga jangan khawatir jika Indonesia bisa bersaing dengan negara lain,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*