Bali menjadi pulau terbaik kesukaan warga Amerika (Foto: Flickr)

Mantap! Tahun 2017, Bali Pulau Terbaik di Dunia

IndonesiaNew, SINGAPURA – Keindahan Bali terus diakui oleh dunia internasional. Bahkan, di 2017 ini Pulau Dewata dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia. Keren!

Keberhasilan Bali ini berkat penghargaan dari DestinAsian Readers Choice Award (RCA) 2017 yang bermarkas di Singapura. Torehan ini sekaligus menjadikan Bali meraih 12 tahun non stop.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana menyatakan kebanggaannya terhadap Bali yanv meraih pulau terbaik di dunia selama 12 tahun berturut-turut.

“Ini kebanggaan Bali, kebanggaan Indonesia. Apalagi, pengakuan ini terus dipegang Bali selama 12 tahun tak pernah putus,” jelasnya, Senin (20/2/2017).

Diakuinya, rahasia kesuksesan Bali berada pada keindahan alam, kekayaan kuliner, keunikan budaya, dan keramah tamahan masyarakat.

“Potensi wisata Indonesia luar biasa. Tidak hanya Bali. Untuk destinasi snorkeling, Galapagos yang terkenal itu sudah berhasil kita kalahkan. Tidak tanggung-tanggung bahkan dikalahkan oleh dua destinasi kita yakni Raja Ampat (Provinsi Papua Barat) dan Pulau Komodo (Provinsi NTT),” katanya tersenyum.

Hal serupa diutarakan Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati mengatakan ada 5 indikator kesuksesan Bali.

Di antaranya adalah keunikan adat dan budaya, keramahan manusianya, keindahan alamnya, kuliner dan terakhir adalah ekspektasi terhadap destinasi di Bali.

Seperti diketahui, selain Bali maka Indonesia juga mendapatkan penghargaan untuk Lombok sebagai pulau terbaik di 10 besar (peringkat 10).

Sementara industri yang mendapatkan penghargaan atas pilihan pembaca majalah DestinAsian adalah Alila Villas Uluwatu sebagai The Best Boutique Hotel, sedangkan COMO Uma Ubud berada di peringkat ke-5.

Tak itu saja, Ayana Spa sebagai The Best Hotel Spa ditemani oleh The Spa, Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay di peringkat ke-3 dan beberapa resort lain di Bali juga mencatatkan prestasi gemilang.

Di sisi lain Maskapai Garuda Indonesia mendapatkan peringkat ke-3 sebagai Best Economy Class. Dan peringkat ke-5 masing-masing pada kategori Best Airline dan Best Frequent Flyier Program.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*