Pelabuhan cruise dan yacht (Foto: Tripadvisor)

Maret Ini, Belitung Miliki Pelabuhan Marina!

IndonesiaNew, BELITUNG – Gerak cepat dilakukan Presiden Jokowi. Pasalnya, di Maret 2017 Belitung bakal memiliki pelabuhan marina.

Hal ini disampaikan Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata Kemenko Kemaritiman Rahman Hidayat dalam Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Bappeda Kabupaten Belitung.

Menurutnya, Program pengembangan destinasi wisata di Tanjung Kelayang atau di Beliung merupakan keniscayaan yang harus terlaksana, bukan sebatas dibicarakan di ruang rapat saja.

“Posisi Tanjung Pandan sangat strategis karena ada jalur yang dilalui oleh pergerakan kapal-kapal yacht atau cruise yang berasal dari Singapura ke arah selatan dan dari Australia Barat ke arah utara sehingga pembangunan pelabuhan marina di Belitung harus dipercepat,” ucapnya, baru-baru ini.

Selain Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata Kemenko Kemaritiman Rahman Hidayat, Focus Group Discussion (FGD) ini dihadiri Bupati Belitung H. Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Erwandi A. Rani, Direktur Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim BPPT Wahyu Widodo Pandoe, Chief Engineering Tim Teknis BPPT untuk Pembangunan Pelabuhan Marina Belitung Aloysius Bagyo Widagdo, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Arpani, Kepala Divisi Manager Aset PT. Timah Wirtsa Firdaus, Direktur PT. Rumah Sakit Bakti Timah, Direktur Keuangan PT. DAK, Direktur SF Marina, perwakilan PT Pelindo II, dan jajaran Pemkab Belitung.

“Agar tidak ketinggalan dari destinasi wisata lainnya seperti di Bali, Banyuwangi, dan di Lombok diperlukan infrastruktur pendukung sarana pariwisata lainnya seperti peningkatan sarana kesehatan di Belitung untuk menjadi rumah sakit bertaraf internasional,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Belitung perlu tetap mengawal rencana induk pelabuhan untuk wilayah di sebelah
Pelabuhan Tanjung Batu yang akan dijadikan dermaga internasional untuk kapal cruise.

Selain itu ada cruise liner asal Singapura yang tertarik untuk menjadikan pelabuhan di Bangka dan Belitung sebagai port of call kapal-kapal cruise mereka. Sementara itu, Aloysius Bagyo Widagdo selaku Chief Engineer Tim Teknis BPPT untuk pembangunan pelabuhan marina Belitung menyampaikan bahwa lokasi pelabuhan marina Belitung di sebelah hilir Pelabuhan Tanjung Pandan yang juga merupakan lahan Ex.KJUB diprioritaskan di sebelah hilir Pelabuhan Tanjung Pandan yang juga merupakan lahan Ex.KJUB PT. Timah dan sesuai dengan analisis program ruang, maka diperlukan luas lahan sebesar ± 16,5 Ha, yang terdiri dari pelabuhan marina sebesar ± 4,3 Ha, dan kawasan pendukung darat sebesar ± 12,2 Ha.

“Focus Group Discussion (FGD) sepakat menghasilkan kesepakatan untuk bekerjasama dan secepatnya melakukan konsultasi sinkronisasi masterplan agar DED Pelabuhan Marina di Belitung dapat dimulai pada awal  Maret 2017 dan diselesaikan pada sekitar pertengahan tahun 2017,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*