Kampung China di Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNew)

Melihat Lebih Detail Keberadaan Kampung China di Yogyakarta

IndonesiaNew, YOGYAKARTA – Setiap wilayah di Indonesia memiliki destinasi bagi warga China. Hal ini juga terlihat di Yogyakarta. Di mana, terdapat destinasi wisata diperuntukkan bagi warga China, namanya Kampung Ketandan.

Kota Pelajar ini memiliki wilayah Pecinan, wilayah ini dinamakan Kampung Ketandan. Kampung ini berada di satu area Malioboro, letaknya persis di depan Kampung Gadean.

Bila kamu yang masih awam dengan Yogyakarta, selain menyewa mobil seharga Rp450 ribu per 12 jam untuk hitungan city tour Yogyakarta.

Bisa pula menggunakan jasa transportasi umum, caranya naik bus trans Jogja arah Malioboro seharga Rp4 ribu atau bisa juga menggunakan kereta api Pramex (Prambanan Express) seharga Rp10 ribu. Bila naik kereta, bisa turun di Stasiun Tugu.

Lanjut ke Kampung Petandan, berwisata ke perkampungan China di Yogyakarta maka bakal disuguhkan beragam kerajinan emas.

“Kehadiran warga China di Yogyakarta memang sudah lama, kehadiran mereka menjadi daya tarik sehingga Yogyakarta memiliki identitas baru,” ucap Edhi, Tour Guide kepada IndonesiaNew di Yogyakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, setiap perayaan besar China maka kampung ini kerap menampilkan atraksi khas China. “Biasanya, disuguhkan barongsai atau liong setiap Imlek bahkan Cap Go Meh ataupun perayaan China lainnya,” bebernya.

Selain menampilkan beragam kerajinan emas, di Kampung Petandan juga terdapat berbagai pernak-pernik khas Negeri Tirai Bambu. “Baju khasnya, angpao serta kuliner khasnya juga disediakan disana,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*