Air terjun ibun pelangi di Majalengka (Foto: IndonesiaNew)

Melihat Pelangi dari Air Terjun di Majalengka

IndonesiaNew, MAJALENGKA – Berwisata murah di Indonesia cukup menyambangi Majalengka, Jawa Barat. Pasalnya disana ada pelangi yang tersimpan di air terjun yang ada di Majalengka.

Air terjun ini dinamakan air terjun ubin pelangi yang berada di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, sekira 17 kilometer dari pusat Kabupaten Majalengka menjadi obyek wisata yang wajib dinikmati.

Di mana, air ini mengalir dari arus air Muara Jaya sama Santapura, lalu untuk ibun itu diambil dari kata embun karena turunnya air terjun menimbulkan uap atau embun.

“Kehadiran pelangi disini bisa dilihat dari dua waktu. Di mana, waktu pertama pelangi akan muncul dari jam 08.00 hingga 10.00 WIB, sementara yang kedua muncul dari jam 12.00 hingga 17.00 WIB,” jelas Gojali, Ketua Pengelola Air terjun ibun pelangi kepada IndonesiaNew di Majalengka, Jumat (20/1/2017).

Menurutnya, kemunculan pelangi ini bisa dilihat kasat mata. Pasalnya, semakin derasnya air terjun maka pelangi semakin terang untuk dilihat. Tak itu saja, wisatawan dimanjakan goa serta tebing yang menyerupai Grand Canyon Pangandaran, Jawa Barat.

Untuk menuju kesana wisatawan harus melalui jalur penurunan yang cukup curam dengan kemiringan sekira 85 derajat. Jalur yang harus dilalui belum sempurna.

Kondisi jalan yang sulit mengharuskan wisatawan berhati-hati dalam melangkah. Di bagian pegangannya hanya memanfaatkan batang pohon yang ada di sekelilingnya.

Saat tiba, rasa khawatir terhilangkan. Derasnya air terjun serta dinginnya air mengalir semakin membuat pesona libur lebaran jadi terpuaskan.

Jangan heran, karena Kamu bisa mendengar suara monyet, lutung, lalay (kelelawar), burung kakaktua, elang kian menambah kelengkapan keseruan tempat wisata di air terjun ubin pelangi.

Jika ingin menikmati air terjun ini, bisa menggunakan jasa transportasi dari pusat Kota Majalengka menuju terminal maja, jembatan Cilongkrang, Sukasari, Majalengka, Jawa Barat.

Selanjutnya, dari terminal kamu bisa naik angkot kolbak arah Argalingga dan turun tepat di depan curug atau air terjun ibun pelangi. Cukup dengan tarif Rp2 ribu.

“Paling enak untuk menikmati air terjun disini, bisa datang di Juni hingga Desember,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*