Asia Center Japan Foundation (Foto: IndonesiaNew)

Mempererat Budaya Negeri Samurai di Asia Melalui Japan Foundation

IndonesiaNew, JAKARTA – Kekuatan budaya memiliki arti tersendiri bagi setiap negara, tak terkecuali dari Negara Jepang. Melalui budaya inilah menjadikan negara yang berjulukan Negeri Samurai ini semakin mempererat hubungan antar negara tak terkecuali di Benua Asia melalui Asia Center Japan Foundation.

Director General The Japan Foundation Tsukamoto Norihisa mengatakan bahwa salah satu cara mempererat tali silahturahmi yang dilakukan oleh Jepang terhadap seluruh negara termasuk di Asia melalui budaya salah satunya adalah bahasa. Terlebih, selama ini Asia Centre Japan Foundation berfokus pada dua proyek utama yang mendukung pembelajaran Bahasa Jepang (mengirim ‘Nihongo Partners’) serta pertukaran seni dan budaya dua arah. Proyek pertukaran budaya dua arah ini dilakukan di berbagai bidang.

“Pengertian budaya di sini sangat universal salah satunya adalah bahasa selain film, seni rupa. Karena melalui bahasa menjadi langkah yang positif demi menunjang perkembangan tak hanya budaya Jepang itu sendiri melainkan budaya dari negara yang kami ajak bekerjasama. Sementara untuk bahasa, kami terus mencari Nihongo Partners dan Indonesia merupakan negara dengan perkembangan terbesar di ASEAN,” ungkapnya di Jakarta, belum lama ini.

Diakuinya, perkembangan bahasa dan budaya secara global di kalangan masyarakat Indonesia, Asia Center Japan Foundation yang merupakan sebuah unit khusus di dalam Japan Foundation yang didirikan pada April 2014 lalu,cukup berhasil menumbuhkan semangat empati dan hubungan kerja sama di antara orang-orang Asia melalui dukungan pembelajaran bahasa Jepang dan pertukaran seni budaya.

“Indonesia menjadi negara kedua terbesar yang memiliki pelajar sebanyak 750 ribu di Jepang dan paling besar di Asia Tenggara selain Jepang dan Indonesia sudah memiliki hubungan diplomatik yang cukup baik,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Asia Centre Japan Foundation memiliki steering committee (dewan komite) yang anggotanya merupakan para ahli dari berbagai bidang. Komite ini memiliki forum pertemuan yang diadakan setiap satu tahun sekali untuk membahas peran Asia Center dan pertukaran budaya antara Jepang dengan negara-negara Asia khususnya ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*