Bagar Hiu (Foto: Masakandapurku)

Menelusuri Jejak Kuliner di Tanah Bengkulu

IndonesiaNew, JAKARTA – Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya, termasuk Bengkulu. Dari sinilah kuliner Bengkulu itu muncul.

Wilayah yang masuk dalam area Sumatera ini memiliki keragaman rasa yang luar biasa, terlebih dekat dengan tiga wilayah di Sumatera yakni Palembang, Jambi dan Padang menjadikan Bengkulu kaya kulinernya.

Pemerhati Pariwisata Bengkulu, Maya Miranda Ambasari mengatakan kuliner Bengkulu muncul akibat hadirnya diadaptasi dari beberapa negara yang pernah singgah sebut saja Pakistan, Iran, Jepang, Inggris, Belanda.

Kebanyakan kehadiran negara internasional di Bengkulu sebatas mengincar lada dan kopi untuk diambil maupun dibeli dengan sistem barter pada kala itu. Salah satu kuliner yang dimiliki memiliki kesamaan dengan wilayah lain di Sumatera adalah tempoyak.

Menurutnya, tempoyak sudah menjadi salah satu makanan khas seluruh etnis masyarakat Bengkulu. Hanya saja tempoyak yang terbuat dari fermentasi durian yang memiliki keasaman dan aroma yang tidak terlalui disukai pengkonsumsinya.

Menurut sejarah, tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Kala itu, Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganu (sekitar tahun 1836), ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak.

“Berdasarkan sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas dari Malaysia,” bebernya lagi.

Lalu ada pula Bagar Hiu, makanan ini memang berbahan ikan Hiu, biasanya masyarakat menggunakan Hiu jenis punai ataupun Hiu tanduk karena aroma dari ikan Hiu jenis tersebut tidak terlalu amis dan kulitnya terbilang lembut ketimbang Hiu jenis lainnya.

Bagar Hiu terbuat dari bahan daging ikan Hiu, ketumbar bulat, pala, cengkeh, lada, kayu manis, asam jawa, lengkuas, cabai, bawang putih dan merah serta kelapa goreng yang bergungsi untuk mengentalkan masakan Bagar Hiu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*