Penyu termasuk hewan yang dilindungi dunia (Foto: Turtlehospital)

Mengapa Penyu Kerap Diburu? Ini Jawabannya!

IndonesiaNew, MAKASSAR – Selain ikan, penyu kerap diburu oleh pencari ikan. Lantas, apa yang membuat penyu diburu? Ini jawabannya.

Penyu memiliki jenis spesies yang lumayan banyak. Setidaknya ada tujuh jenis spesies penyu di dunia. Bahkan, enam diantaranya berada di Indonesia.

“Penyu yang paling sering diburu adalah penyu hijau,” ucap Andry Indriyasworo Sukmoputro selaku Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar kepada IndonesiaNew, Selasa (22/11/2016).

Diakuinya, para pemburu penyu kerap mencari penyu hijau disebabkan beberapa hal, di mana penyu hijau mempunyai daging lebih empuk.

Sedangkan, krapas atau tempurungnya biasanya digunakan untuk hiasan. “Telur penyu diyakini sebagian orang bila dengan makan telur penyu bisa menambah vitalitas buat pria. Selain itu terdapat protein tinggi karena telur penyu ketika dimasak tetap mengental. Oleh karenanya, telur penyu dianggap sebagai obat,” bebernya lagi.

Selain dikonsumsi, penyu kerap digunakan sebagai persembahan adat. Baginya, kebiasaan ini kerap terjadi di wilayah Sumatera Barat khususnya di Mentawai, apalagi telur penyu lebih banyak di Sumatera Barat.

Andriy Indriyasworo Sukmoputro menambahkan di daerah Sulawesi banyak masyarakat menghidangkan penyu sebagai hidangan utama. Biasanya digunakan untuk upacara adat termasuk di Bali sebagian untuk upacara adat pula.

“Karena masih dengan tradisi adat, jika penyu tak dihadirkan maka upacara adat pun tak bisa dilakukan,” paparnya.

Diakuinya, ada pula di beberapa wilayah di Indonesia yang menganggap penyu sebagai persembahan syukur kepada laut. Hal ini terjadi di Bintan dan Karimun Jawa yang memiliki tradisi pelepasan penyu atau tukik sebagai tanda terima kasih ke laut.

“Penyu itu bisa berusia ratusan tahun, tetapi untuk yang betina maka penyu akan bertelur setelah berusia 20-25 tahun,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*