Menikmati Senja Sungai Batanghari dari Jembatan Gentala Arasy

IndonesiaNew, JAMBI ā€“ Berwisata ke Jambi, travelers jangan lupa untuk singgah di Jembatan Gentala Arasy yang ada di Kota Jambi. Destinasi sangat layak untuk dinikmati terlebih kala matahari mau terbenam.

Keindahan Sungai Batanghari pun kian menawan dengan pesona sinaran matahari. Jembatan Gentala Arasy ini membentang sepanjang 530 meter dengan memiliki lebar 4,5 meter ini dibuat dengan kontstruksi yang elok dipandang mata.

Terlebih, keindahan Jambi Kota Seberang semakin memukau dan terpancar dari Sungai Batanghari. Nama Gentala Arasy ini ternyata merupakan singkatan dari Gena Tanah Lahir Abdurahman Sayuti, nama Abdurahman Sayuti adalah mantan Gubernur Jamdi di tahun 1989 hingga 1999.

Jembatan ini terletak persis di depan Kantor Gubernur Jambi, bahkan dari ketika melihat di sisi seberang terlihat bangunan ikonik berupa menara jam yang juga disebut Menara Gentala Arasy.

Bahkan, sentuhan Islami sangat kental terlihat dari kejauhan. Pasalnya terdapat Masjid besar seakan menandakan keindahan Jembatan Gentala Arasy ini. Bagi, travelers yang belum pernah mengunjunginya jangan merasa heran. Mengapa? Jembatan ini dibangun memang dikhususkan buat pejalan kaki, Sabtu (1/12/2018).

Bentuk jembatan ini memiliki dua tiang penyangga yang terbuat dari beton. Tak itu saja, jembatan ini pun menghubungkan pasar lama Jambi yang padat aktivitas masyarakat setempat dengan Menara Gentala Arasy yang juga terdapat pemukiman penduduk di seberang sungai Batanghari.

Bila dilihat dengan seksama, maka bentuk jembatan yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla 28 Maret 2015 ini seakan berbentuk huruf ā€œSā€.

Kehadiran jembatan ini pun seakan menjadi penghubung antar dua wilayah yang ada di Jambi, otomatis konektivitas masyarakat kian dimudahkan. Bila selama ini, mereka hanya menggunakan perahu nelayan sebagai akomodasi penyeberangan. Keberadaan jembatan ini kian membuat Kota Jambi semakin elok nan menawan, bahkan Jembatan Gentala Arasy sudah menjadi ikonik baru Kota Jambi.

Dengan adanya jembatan ini interaksi masyarakat antar dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai menjadi saling terhubung dan meningkat aktivitasnya. Ketiga, jembatan ini menjadi ikon kota Jambi karena selama ini nyaris tidak ada obyek wisata yang layak dikunjungi di Kota Jambi.

Dari atas jembatan maka travelers bisa menyaksikan keindahan Sungai Batanghari yang seakan tak pernah sepi dari aktivitas masyarakat. Beberapa kapal besar seperti kapal tongkang, kapal nelayan juga seakan dipenuhi kesibukannya, otomatis menjadi pemandangan yang enak dilihat.

Bila sudah lelah melihat Jembatan Gentala Arasy, ada baiknya travelers menikmati segelas cangkir the atau kopi atau pilihan lainnya adalah segelas nira kelapa muda. Rasa lelah pun terbayar atas keindahan Sungai Batanghari dengan keberadaan Jembatan Gentala Arasy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*