Gedung Sapta Pesona (Foto: Kemenpar)

Menpar Arief Yahya Jadikan Gedung Sapta Pesona Pusat Destinasi Festival

IndonesiaNew, JAKARTA – Indonesia memang masih kekurangan soal tempat destinasi festival budaya. Hal ini membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadikan Gedung Sapta Pesona menjadi pusat destinasi festival.

Ketertarikan Gedung Sapta Pesona untuk dijadikan pusat destinasi festival datang dari Taufik Rasen, Ketua Panitia Penyelenggara Festival Indonesia Festival 2017 yang ingin menjadikan Gedung Sapta Pesona menjadi destinasi wisata. Baginya, hal ini berawal dari sebuah mimpi Indonesia yang rindu untuk memiliki tempat festival budaya Indonesia.

“Dari gedung inilah menjadi kebangkitan Indonesia. Di mana, banyak sejarah Indonesia lahir dari gedung ini seperti lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan di gedung ini kemudian bendera merah putih juga dimulai dari gedung ini, hari ibu dimulai dari gagasan ini. Semua dari founding mother’s berada di gedung ini. Pasalnya, dulu tidak ada tempat yang layak untuk melakukan pertemuan sehingga kami ingin menjadikan Gedung Sapta Pesona menjadi tempat destinasi festival budaya,” paparnya di acara Festival Indonesia Festival 2017 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Diakuinya, jika diperkenankan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya maka setiap Januari akan ada state of culture di Gedung Sapta Pesona.

Mendengar hal ini tentunya, Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat setuju jika Gedung Sapta Pesona menjadi gedung destinasi festival.

“Saya juga setuju dengan 34 provinsi dengan setahun 52 Minggu. Di mana setiap Minggu ada Indonesia Festival Week untuk menampilkan seluruh budaya daerah. Ini milik Indonesia, jadi semua daerah berhak menggunakan gedung ini,” paparnya.

Tak itu saja, Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan jika Festival Indonesia Festival juga akan menjadi kalender of event Jakarta.

“Forum ini jadi ajang pentahelix (pendidikan, bisnis, community dan media) festival forum lalu kedua event ini masuk ke kalender of event Jakarta, dan puncaknya seperti arahan Presiden akan dilakukan di sekitar tanggal 17 Agustus dan di tahun 2018 yang akan dilakukan di pembukaan Asean games tanggal 18 Agustus 2018,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*