Milu siram, kuliner khas Gorontalo (Foto: Wikipedia)

Milu Siram, Santapan Penghangat dari Gorontalo

IndonesiaNew, GORONTALO – Berwisata ke Gorontalo kurang afdol bila tak mencicipi milu siram, kuliner penghangat dari Gorontalo.

Kuliner tradisional yang satu ini sangat cocok buat kamu yang butuh kehangatan. Pasalnya, milu siram sangat terkenal di seantero Gorontalo.

Menurut Rojamala, penjual milu siram mengatakan bila milu siram merupakan bahasa sehari-hari warga Gorontalo.
“Makanan penghangat dari Gorontalo ini sering disebut binthe biluhuta,” bebernya kepada IndonesiaNew di Gorontalo, Senin (23/1/2017).

Baginya, milu siram memiliki arti tersendiri. Di mana, milu atau binthe artinya jagung, sedangkan siram atau huta berarti berkuah. Sehingga arti binthe biluhuta adalah makanan jagung yang diolah menggunakan kuah.

Guna membuat binthe biluhuta atau milu siram ini dibutuhkan bahan baku utama jagung serta ikan laut. “Jika menggunakan ikan air tawar, aromanya tidak terasa ketika disantap,” tambahnya.

Sebelum diberi jagung, maka berikan parutan kelapa, irisan daun bawang, serta daun kemangi di dalam mangkuk. “Kelapa yang digunakan masih muda agar saat disantap teksturnya terasa. Selain itu, rasa gurih pun lebih kuat ketika disantap ketimbang kelapa tua. Sedangkan daun bawang berfungsi penambah aroma dan daun kemangi memberikan kesegaran binthe biluhuta,” ulasnya.

Hampir di setiap sudut Kota Gorontalo banyak yang menjual makanan berbasis sup tersebut. Untuk satu porsi dihargai Rp8 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*