Kayak di Danau Toba (Foto: Paddler Sumatera)

Internasional Toba Kayak Marathon Bakal Jadi Ikon Wisata Air Sumatera Utara

IndonesiaNew, SUMATERA UTARA – Untuk mempercepat destinasi prioritas, Danau Toba memberikan gebrakan cepat. Destinasi di Sumatera Utara akan memiliki ikon untuk Danau Toba.

Melalui event International Toba Kayak Marathon  2017, dengan tagline Kayaking on the Top of Super Volcano yang digelar di Danau Toba membuat pemerintah Sumatera Utara khususnya Toba Samosir akan mengajukan kayak marathon menjadi ikon wisata air di Danau Toba.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tobasa, Ultri Simangunsong memastikan ajang ini masuk dalam calender of event 2017 Sumatera Utara.

“Ajang ini akan dimasukkan ke dalam calender of event Tobasa 2017 dan ini sudah diteruskan ke Kementerian Pariwisata, kita berharap Kementerian Pariwisata, Badan Otorita Danau Toba dan Sektor swasta akan turut membantu dan mensukseskan terlaksananya event ini,” jelasnya di Balige, baru-baru ini.

Menurutnya, event ini harus diangkat menjadi event rutin dan dilaksanakan setiap tahun serta harus menjadi ikon sport tourism di Danau Toba. “Event ini belum ada di Indonesia, serta menjadi aktivitas rekreasi dan olahraga pada setiap kesempatan,” bebernya.

Hal serupa diutarakan Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian di mana Dengan kehadiran ajang seperti ini tentunya masyarakat Sumatera Utara khususnya sekitaran Danau Toba akan teringat soal “solu” armada yang menyerupai kayak.

“Banyak kenangan menggunakan solu, dan nilai-nilai tradisi ini membuat semangat Sumatera Utara bisa tumbuh dengan hadirnya event tersebut. Memori masa kecil itulah yang menyemangati Tobasa menduking penuh terlaksananya event ini,” tambahnya.

Sedangkan dari Ketua Komunitas Paddler Sumatra, Charles Simson Panjaitan S Hut, Msc mengatakan event “International Toba Kayak Marathon 2017” sangat layak dilaksanakan di Danau Toba karena kondisi danau yang relatif tenang.

Tak itu saja, panorama yang indah dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui kontribusi industri pariwisata.

“Event skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestik dan mancanegara. Kayaking akan menjadi Ikon olah raga wisata air di danau Toba dan ini akan menjadi yang pertama kali dilaksanakan di  Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*