Muara Kayak Marathon Guncang Dunia via Sport Tourism Sumatera Utara

IndonesiaNew, SUMATERA UTARA – Sumatera Utara perlahan mulai serius menggarap sport tourism, kali ini melalui perlombaan Kayak.

Dengan memanfaatkan luasnya Danau Toba, membuat Paddler Sumatra komunitas kayak Sumatera Utara bakal menggelar event Muara Kayak Marathon 2017 yang akan digelar di wilayah Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kegiatan ini akan berpeluang menciptakan atraksi baru bagi wisatawan saat ke Danau Toba. Sedangkan menggunakan Kayak belum menjadi kegiatan berwisata padahal aktivitas ini cocok untuk wisata di danau.

Muara kayak, sport tourism baru dari Sumatera Utara (Foto: Sumaterautara)

Muara kayak, sport tourism baru dari Sumatera Utara (Foto: Sumaterautara)

Salah satu jenis wisata olahraga ini dapat menjadi daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara khususnya warga negara Eropa serta komunitas kayak internasional.

“Kayak internasional ini bisa sebagai daya tarik pariwisata atraksi baru, diharapkan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Danau Toba,” jelas Bupati Tapanuli Utara, Drs Nikson kepada IndonesiaNew, Jumat (16/12/2016).

Menurutnya, kegiatan kayak tersebut dapat rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menjadi ikon olahraga wisata (sport tourism) dan salah satu atraksi penunjang kepariwisataan di Kawasan Danau Toba.

Diakuinya lagi, dengan terselenggaranya event “Muara Kayak Marathon 2017”, sebagai event pertama di Indonesia, dapat menunjang percepatan Pengembangan Kawasan Wisata Danau Toba.

“Kami berharap ini bisa sesuai dengan visi yang telah dibuat oleh Badan Otorita Danau Toba yaitu dengan prinsip semakin dilestarikan semakin mensejahterakan dan menunjang peningkatan perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Muara kayak, sport tourism baru dari Sumatera Utara (Foto: Sumaterautara)

Muara kayak, sport tourism baru dari Sumatera Utara (Foto: Sumaterautara)

Selain itu, Ketua Paddler Sumatra, Charles Simson Panjaitan S.hut, M.Sc menyatakan bahwa kawasan Muara Taput sangat layak untuk diselenggarakannya event kayak bertaraf internasional.

“Secara geografis, selain pemandangan yang sangat indah, perairan Muara terlindung oleh Pulau Sibandang sehingga perairan yang relatif tenang sangat cocok untuk atraksi kayak bahkan untuk kayakker pemula sekalipun sangat aman,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*