Nasi Kapau (Foto: IndonesiaNew)

Nasi Kapau Sabana Bana, Lezatnya Terasa hingga Ujung Lidah!

IndonesiaNew, JAKARTA – Selain dikenal sebagai kota bisnis, Jakarta juga kaya akan kulinernya. Hampir seluruh kuliner di Indonesia ada di Jakarta. Salah satunya nasi kapau Sabana Bana.

Warung makan nasi kapau Sabana Bana ini bisa dijumpai di Kawasan Senen, Jakarta Pusat. Kehadiran nasi kapau ini bisa ditemui dengan beragam bentuk. Bila cari otentik tradisional, maka nasi kapau Sabana Bana jawabannya.

Nasi kapau ini ada sejak 1970, di mana Ali pemilik nasi Kapau Sabana Bana melihat makanan  tradisional asli Sumatera Barat belum ada di Jakarta. Dari sinilah dirinya mencoba peruntungan membuka nasi kapau.

“Kapau itu nama daerah di Sumatera Barat. Nasi kapau beda sama nasi Padang. Mulai dari rasa maupun aroma,” jelasnya kepada IndonesiaNew, Senin (28/11/2016).

Nasi kapau ini menjadi daya tarik bagi siapapun yang suka dengan makanan khas Sumatera Barat. Lantas, di mana bedanya dengan nasi Padang?

“Nasi kapau ditata layaknya warteg. Karena tradisi dari Kapau selalu menyajikan makanan dalam bentuk ditata layaknya tangga,” bebernya.

Kekuatan makanan ini berbeda dengan nasi Padang, di mana nasi Kapau hampir olahan daging melalui proses pembakaran. Hal ini dilakukan untuk memunculkan rasa gurih.

Kelezatan nasi Kapau Sabana Bana ini bukan isapan jempol. Beragam pejabat hingga figur publik pernah merasakan kenikmatan makanan yang dihadirkan nasi kapau Sabana Bana tersebut.

Sebut saja, Nil Maizar, pelatih sepakbola Indonesia. Ada pula Ali Sadikin, Dorce Gamalama, Presiden Joko Widodo, Alex Noordin, Gubernur Sumatera Selatan, Bustanul Arifin, dan sebagainya.

Jika menyantap di sini, maka Kamu enggak usah kebingungan dalam memilih lauk pauknya. Pasalnya, beragam makanan bisa ditemukan, mulai dari gulai kepala kakap, rendang, dendeng balado, bebek cabai hijau, sop tulang iga, gulai otak sapi, tunjang, ayam bakar, ayam gulai, dan masih banyak lagi.

Bila masih penasaran, cukup merogoh kocek Rp20 ribu sampai 40 ribu. Harga ini bergantung dari lauk pauk yang kamu santap. “Satu hari bisa menghabiskan 10 kilogram daging sapi. Untuk nasi kapau buka 24 jam,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*