Pemda Tak Usah Urusi Toilet!

IndonesiaNew, JAKARTA – Persoalan toilet di Tanah Air hingga kini belum terselesaikan. Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta agar pemerintah daerah (pemda) tidak usah mengurusi toilet.

“Saya capek toilet diurus Pemda, swastakan toilet,” tegasnya di Rakornas Pariwisata 2016 di Grand Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2016)

Diakuinya, dengan dipegang swasta maka persoalan toilet dengan cepat terselesaikan.

Dengan tegas, Arief Yahya mengatakan jika persoalan toilet ini tidak segera diselesaikan maka dirinya tidak segan-segan akan memprivatisasi.

“Indonesia soal kebersihan nomor 109 di dunia, memalukan tidak! bangsa ini memalukan karena kebersihan. Lihatlah bangsa itu dari sisi toilet, malu gak Indonesia,” bebernya dengan nada tinggi.

Menurutnya, dengan diberikan ke swasta maka pertimbangannya tentu akan menjadikan toilet lebih nyaman. Terlebih, pembuatan toilet yang nyaman dilakukan sayembara kepada masyarakat umum perihal desainnya.

“Pertimbangan saya pasti menguntungkan dan suisttanable jika dikelola swasta,” bebernya.

Dalam menjadikan toilet nyaman untuk wisatawan maka Menpar Arief Yahya akan menyediakan 50 ribu toilet, untuk modelnya akan disesuaikan dengan bentuk homestay sehingga modelnya bagus untuk dipakai.

“Saya sudah ajukan ke Presiden dan Menteri PU Pera soal toilet. Buatlah yang bagus sehingga wisatawan nyaman berwisata di Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*