Hewan penyu (Foto: Earthjustice)

Penyu, Biota Laut yang Dilindungi Dunia

IndonesiaNew, MAKASSAR – Indonesia kaya wisata bahari termasuk penyu. Ternyata, hewan yang satu ini termasuk golongan yang dilindungi.

Menurut Andry Indriyasworo Sukmoputro selaku Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar mengatakan ada beberapa faktor yang membuat penyu dimasukkan dalam kategori golongan hewan yang dilindungi.

“Penyu itu sudah masuk dalam kategori hewan purba, apalagi di Indonesia cuma ada dua yakni komodo dan penyu,” jelasnya kepada IndonesiaNew, Selasa (22/11/2016).

Penyu (Foto: Shutterstock)

Penyu (Foto: Shutterstock)

Selain sudah masuk ke dalam jenis hewan purba, nyatanya ada alasan lain mengapa penyu dimasukkan ke dalam kategori hewan yang dilindungi oleh negara.

Alasan pertama, karena penyu memiliki fungsi ekologis yang baik diantaranya bisa mengurangi jumlah predator yang mengincar ikan-ikan kecil seperti ubur-ubur agar tidak berkembang biak.

“Penyu dianggap sebagai biota perairan yang bagus, karena semakin banyak penyu maka perairan akan semakin jernih,” paparnya.

Selanjutnya, penyu dianggap biota yang bermiograsi. Pasalnya, penyu menyimpan racun di dalam tubuh yang tidak dikeluarkan melalui air seni.

Penyu termasuk hewan yang dilindungi dunia (Foto: Turtlehospital)

Penyu termasuk hewan yang dilindungi dunia (Foto: Turtlehospital)

“Bahayanya dalam mengonsumsi penyu karena manusia tidak akan tahu apa yang dikonsumsi penyu beracun atau tidak, sehingga bila dikonsumsi maka dikhawatirkan akan keracunan seperti kejadian di Mentawai dan Sulawesi,” lanjutnya.

Meski demikian, Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya dalam menjaga hewan penyu yang ada di Indonesia. Terlebih, total jenis spesies penyu terdapat tujuh spesies yang totalnya ada enam di Indonesia dan satu di negara lain.

Diakuinya lagi, untuk penyu itu sendiri sudah memiliki Undang-Undang Nomor 5 tahun 90 soal keanekaragaman Hayati dan ekosistem serta Undang-Undang nomor 31 tahun 2005 jo Undang-Undang 45 tahun 2009.

Penyu dilarang untuk ditangkap (Foto: Cynthiajlagueux)

Penyu dilarang untuk ditangkap (Foto: Cynthiajlagueux)

“Dalam Undang-Undang tersebut terdapat larangan mengonsumsi daging, mengeksplore tempurungnya serta mengambil telur penyu. Jika kedapatan maka dikenakan hukuman dua tahun penjara dengan denda Rp200 juta,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*