Bali (Foto: Antaranews)

Perkuat Wisman, Menpar Arief Yahya Perkaya Atraksi Wisata

IndonesiaNew, JAKARTA – Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia terus diperbanyak, salah satunya dengan memperkaya atraksi pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisman di penghujung akhir tahun antara lain dengan memperbanyak event-event menarik terutama di tiga pintu utama (great) Bali, great Jakarta, dan great Batam.

“Bali mempersiapkan puluhan event menarik sebagai year and untuk meningkatkan kunjungan wisman yang tahun ini mentargetkan sebanyak 4,8 juta wisman atau memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman secara nasional,” katanya.

Begitu pula Bintan, Kepulauan Riau pada November-Desember diselenggarakan even sport tourism dan entertainment bertaraf internasional yang akan menarik banyak wisman dari Singapura dan Malaysia. “Tahun ini Great Batam/Bintan menargetkan 2,5 juta wisman,” bebernya lagi.

Tak itu saja, Pulau Bintan merupakan satu di antara destinasi wisata yang potensial untuk wisata daerah  perbatasan.

Destinasi lain wisata daerah perbatasan adalah Manado, Papua, Entikong, dan Atambua (Dili). Kementerian Pariwisata menguatkan promosi dengan menggelar festival kesenian di sejumlah wilayah untuk menarik wisman dari negara perbatasan.

“Misalnya, belum lama ini Kemenpar menggelar Festival Wonderful Indonesia (FWI) di Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat untuk menarik kunjungan wisman dari Negeri Serawak, Malaysia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*