Persoalan Tanah Bikin Pariwisata Mandalika Mandek!

IndonesiaNew, JAKARTA – Pembangunan pariwisata di Mandalika sempat terhalang masalah akibat lahan tanah. Bahkan, persoalan ini sudah 26 tahun tak kunjung usai.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, Sofyan Djalil mengatakan bila persoalan lahan tanah selama 26 tahun ini akan selesai.

“Persoalan ini diselesaikan secara teknis, secara hukum sudah selesai. Tentunya akan diperiksa betul, dan dicari jalan keluar. Pada intinya, secara hukum sudah selesai,” jelasnya di Jakarta, baru-baru ini

Menurutnya, lahan tanah 1.135 hektar hingga kini belum dikeluarkan Agraria Tata Ruang (ATR) nya. Tapi, setelah masalah hukum selesai maka persoalan Agraria Tata Ruang akan mudah didapatkan.

Jadi tanah yang dulunya milik ITDC maka ini sudah selesai. Pasalnya, secara legal sudah selesai.

“Total 1135 hektar. Ini sudah lengkap, kalau serius menggarap tanah maka akan dikasih dananya, soal dana akan dibicarakan kemudian tapi harus ada dokumen keaslian, bukan dokumen palsu. Untuk memberikan uang kerahiman maka harus sesuai dengan hukum yang berlaku,” ungkapnya lagi.

Sofyan Djalil mengatakan jika uang yang diberikan kepada masyarakat Mandalika selaku pemegang lahan maka bukanlah hitungan ganti rugi.

“Perlu diingat, ya ini bukan ganti rugi tapi ini uang kerahiman,” tambahnya.

Sementara itu, Edwin Darma Setiawan selaku Direktur ITDC merasa persoalan lahan tanah akan diselesaikan secara prosedur.

“Akan ada tim yang diketuai Kapolda, Wakil Danrem, Danlanud, Kajati, Kepala PM, SKPD. Hasilnya sudah diberikan waktu satu minggu,” lanjutnya.

Lantas, apa yang akan dilakukan ITDC bila lahan tanah tersebut sudah selesai? “Pengembangan kita akan ada green desaign. Di sana akan ada Hotel Pullman 250 kamar, Royal Tulip, Clubmate akan hadir di akhir tahun depan. Sedangkan, untuk Pullman sudah groundbreaking,” paparnya.

Diakui, Edwin maka targetnya mulai beroperasi  2018 atau awal 2019 dengan target 1.000 kamar. “Untuk fasilitas air bersih dan air laut sudah berdiri. Dengan kapasitas 3 ribu meter per kubik siap mengairi semua properti di sana,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*