Sate di Indonesia (Foto: Indoindians)

Pertahankan Nama Asli Kuliner Indonesia!

IndonesiaNew, JAKARTA – Lima kuliner Indonesia siap digaungkan yakni Rendang, Nasi Goreng, Sate, Soto dan Gado-gado. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta agar nama kuliner Indonesia dipertahankan.

Diakui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bahwa makanan Indonesia dikenal di Belanda karena ada faktor sejarah, namun dengan adanya generasi penerus belum tentu Belanda suka makanan Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan perjuangan besar buat kuliner Indonesia. Bahkan, kuliner bisa menjadi diplomasi dunia.

Selain faktor alam, wisata maka kuliner menjadi magnet yang bisa dijual untuk mendapat ketertarikan wisatawan ke Indonesia. Pemilihan makanan harus dipilih, di mana ada lima makanan yang akan dijual di mana ada sate, gado-gado, nasi goreng, soto, rendang.

“Pertahankan nama asli kuliner karena akan menjadi kekuatan buat Indonesia,” ucap Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di acara Wonderful Indonesia Gastronomi Forum Diaspora Restaurants di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Selain itu, Standard kualitas juga harus diperhatikan, lihat saja kuliner Thailand di mana kekuatan rasa menjadi identitas utama.

“Kita lihat rendang yang memiliki bentuk yang berbeda di mana ada Kalio dan yang kering sehingga akan membingungkan yang mengonsumsi, oleh karenanya kualitas harus dijaga,” paparnya.

Lalu, presentasi makanan harus dilakukan dengan baik meskipun dalam bentuk fun dinning. Jika makanan memiliki bentuk yang baik maka wisatawan akan tertarik dengan kuliner Indonesia.

“Kuliner Indonesia harus memiliki filosofi atau cerita di dalamnya sehingga wisatawan akan menjadi tahu selain kelezatan, namun kemunculan atau cerita akan membuat menarik wisatawan,” bebernya.

Terakhir soal co-branding, maka ini akan seperti mendayung satu pulau terlewati atau terlampaui. Oleh karenanya, sebarkan Indonesia dari semua sisi otomatis akan membuat wisatawan proud terhadap Indonesia.

“Promosikan kuliner sebagai diplomasi yang terbaik guna mendapatkan devisa negara serta mendapatkan kunjungan wisatawan lebih banyak lagi,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*