Raih 3 Penghargaan di Dubai, Sumbar: Budaya Halal Kita Kuat!

IndonesiaNew, PADANG РSumatera Barat berhasil meraih tiga penghargaan di World Halal Tourism Awards 2016 di Dubai.

Diakui Drs. H. Burhasman, Praktisi Pariwisata Sumatera Barat mengatakan jika Sumatera Barat memiliki kekuatan di bidang halal sejak lama. Oleh karenanya, kemenangan di Dubai ini telah dipersiapkan dengan matang.

“Sumatera Barat kuat dengan budaya halal, budaya islami. Oleh karena itulah Destinasi dan kuliner di Sumatera Barat hadir karena budaya,” jelasnya kepada IndonesiaNew, Rabu (7/12/2016).

Menurutnya, penghargaan di dunia internasional tersebut kian menambah daftar Sumatera Barat setelah rendang berhasil dinobatkan sebagai kuliner terlezat di dunia versi CNN beberapa tahun lalu.

Dengan adanya pengakuan dunia ini, maka Sumatera Barat mulai bergerak untuk mempersiapkan produk halalnya lebih banyak.

“Sumatera Barat telah memiliki tujuh tempat pemotongan hewan yang disertifikasi halal, kemudian dari sisi pertanian produknya juga sudah disertifikasi halal dan masih banyak lagi,” paparnya.

Sumatera Barat juga memahami bila dengan kemenangan ini tentunya akan membawa dampak besar, khususnya kehadiran wisatawan mancanegara dari Timur Tengah.

Oleh karena itulah, Sumatera Barat akan terus menggandeng lembaga Islam terkait untuk terus memberikan sertifikasi halal terhadap restoran maupun tempat penginapan.

“Kami memahami betul bila wisatawan akan mencari label halal meskipun secara faktual bahwa Sumatera Barat adalah propinsi yang notabenanya mayoritas muslim,” tukasnya.

Seperti diketahui, dalam ajang World Halal Tourism Awards 2016 di Dubai, Sumatera Barat meraih tiga kategori yakni World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary serta World’s Best Halal Tour Operator ERO Tours Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*