Sayur Karang, Urapnya Kota Ambon

IndonesiaNew, AMBON – Biasanya menemukan sayur urap sebatas di pulau Jawa. Bahkan, di tanah Ambon pun memiliki sayur urap.

Menginjakkan kaki di Kota Ambon, Maluku, ada pula olahan mirip urap, namanya sayur karang.

Sayur karang dibuat dari bahan makanan laut. Pasalnya, hampir 95 persen wilayah kota ini dikelilingi lautan.

Untuk membuat urap ini, bahan yang dibutuhkan adalah karang, yakni sejenis tumbuhan yang hidup di batu karang serta ikan asar. Kata “asar” sendiri memiliki arti “panggang”.

“Sayur karang bisa ditemukan di seluruh pasar Kota Ambon. Kelezatannya pemakaian ikan asar serta karang yang diolah menjadi sayur karang,” ujar Nani, penjual sayur karang kepada IndonesiaNew di Ambon, Jumat (22/1/2017).

Langkah awal, Kamu harus mencuci karang dengan air panas. Cara ini untuk menghilangkan lendir yang masih melekat di badan karang. Bila tidak dibersihkan, maka akan berbahaya untuk tubuh usai Kamu menyantapnya.

Setelah itu, barulah ditiriskan kemudian siapkan bumbunya, terdiri dari cabai, bawang merah, dan terasi dihaluskan bersama.

“Membuat sayur karang tidak perlu pakai bawang putih. Aroma tajam bawang putih akan membuat rasa dan aroma sayur karang jadi berbeda. Menjadi tidak enak,” bebernya.

Tahapan selanjutnya campurkan bumbu dengan cacahan ikan asar yang dibuat dari ikan tongkol atau cakalang. Jangan lupa beri kelapa parut, sedikit air perasan jeruk limau, daun kemangi, serta tauge yang sudah direbus.

“Sensasi aroma ikan yang dipadu dengan rasa asam dari jeruk limau dan aroma gurih dari kelapa, membuat makanan ini penuh rasa yang khas,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*