Sejuta Kuliner dari Tanah Lombok

LOMBOK – Selama ini bisa jadi banyak orang mengenal kuliner Lombok sebatas ayam Taliwang serta plecing kangkung saja. Padahal, beragam kuliner Lombok siap mempesona ke dunia.

Kuliner Tradisional, Lombok memang tak diragukan lagi,  sebut saja “Ayam Taliwang” sudah sangat terkenal diseantero nusantara kelezatannya. Di mana kuliner ini merupakan olahan ayam kampung muda yang disajikan bersama plecing kangkung. Kangkung Lombok berbeda dengan kangkung biasa, memiliki batang dan ranting panjang besar,  dengan daun yang lebih hijau dan lebar.

Kuliner Lombok lainnya dengan bahan ayam lainnya yaitu “Ayam Rarang” dengan olahan bumbu khas Lombok Timur mungkin belum banyak diketahui orang, yang lezatnya tidak kalah dengan ayam taliwang.

NTB dijuluki bumi sejuta sapi, maka banyak makanan dengan bahan olahan daging sapi, seperti yang paling terkenal adalah “Satai Rembiga” disajikan mirip dengan sate Maranggi namun tentunya dengan citarasa berbeda.

Satai tanpa bumbu kacang ini memiliki citarasa yang khas. Sate lainnya adalah “Sate Balayak” yang juga berbahan daging sapi disajikan  bersama lontong berbahan beras ketan.

Dengan dikenalnya Lombok sebagai The Best Halal Destination Award 2015 dan The Best Halal Honeymoon 2015 di Abudabi sangat menguntungkan bagi Nusa Tenggara Barat karena membuat banyak orang yang mulai melirik Lombok sebagai destinasi baru.

Dari, data yang ada di Kementerian Pariwisata, menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) di NTB terus meningkat, dari tahun ketahun.

Pada tahun 2013 mencapai 2,49 jta wisnus, kemudian pada tahun 2014 jumlah kunjungan wisnus ke NTB meningkat menjadi 2,51 juta wisnus,  dan tahun 2015 kembali naik menjadi 3,01 juta orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*