Selain Indonesia, 4 Negara Ini Mengonsumsi Jengkol & Petai

IndonesiaNew, JAKARTA РMakanan jengkol dan petai ternyata tidak hanya dikonsumsi di Indonesia saja. Bahkan, empat negara ini pun mengonsumsi jengkol dan petai. Penasaran kan? Berikut ulasannya.

Meskipun jengkol dan petai memiliki bau yang tidak sedap tak membuat masyarakat di dunia ini menghilangkan kebiasaan untuk menyantapnya. Terlebih, jengkol dan petai menjadi salah satu santapan yang kerap dikonsumsi.

Bila biasanya jengkol dan petai dijumpai di Indonesia, ternyata empat negara ini juga menyukai jengkol dan petai untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut, empat negara yang juga menyantap jengkol dan petai:

Thailand

Sama seperti di Indonesia, jengkol dan petai dikonsumsi bersama nasi putih. Olahannya pun beragam cara, kebanyakan di sini mengonsumsi jengkol dan petai kerap dibuat dengan diolah pedas.

Masyarakat yang mengonsumsinya pun bukan hanya dari kalangan bawah saja melainkan dari kalangan atas pun menyukai jengkol dan petai. Di Thailand itu sendiri, makanan ini kerap disebut Luk Nieng. Kebanyakan masyarakat Thailand mengonsumsi jengkol dan petai hanya menggunakan garam, terlebih dahulu makanan tersebut dimasak hanya dengan cara direbus saja.

Singapura

Negara yang berdekatan dengan Indonesia ini pun juga menyantapnya. Jengkol dan petai tentunya didapatkan dari Indonesia, wajar saja bila negeri singa ini bisa mengonsumsi jengkol dan petai yang didapatkan dari Sumatera Utara dan Batam.

Pengolahan makanannya pun menyerupai dengan di Indonesia, ada yang diolah pedas, manis serta dengan menggunakan saus tiram, Sabtu (26/8/2017).

Myanmar

Negara lain yang menyantap jengkol dan petai adalah Myanmar. Kebanyakan mereka yang menyantap jengkol dan petai adalah untuk pengobatan, karena di Myanmar kedua makanan ini diyakini bisa menyembuhkan penyakit ginjal.

Di Myanmar, jengkol dan petai disebut da nyin thee. Sementara itu, untuk olahannya jengkol dan petai kerap dibuat pedas dengan menggunakan sambal khas Myanmar, ada juga dengan cara ditumis.

Yang membuat beda dengan Indonesia, kedua makanan ini kerap dibuat menjadi asinan. Makanan ini pun sangat merakyat untuk di kalangan Myanmar.

Malaysia

Negara yang terakhir adalah Malaysia. Negeri Jiran ini memang memiliki kesamaan dengan Indonesia, khususnya dari sisi makanan. Di Malaysia kedua makanan ini dinamakan jering.

Jengkol dan petai pun sangat mudah dijumpai di Malaysia khususnya di pasar-pasar yang tersebar di Malaysia. Untuk olahannya serupa dengan di Indonesia, mereka (Malaysia-red) juga mengolah kedua makanan ini dibuat rendang terlebih untuk jengkol itu sendiri.

Dari sisi penjualannya pun, jengkol dan petai dijual dengan hitungan per kilo. Bisa juga, dijual dengan mengikuti kemauan konsumen.

Nah, negara lain pun sangat menyukai jengkol dan petai. Bagaimana dengan Kamu? Masih ingin tak menyukai kedua makanan tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*