Seperti Ini Wajah Baru Mandalika di 2019

IndonesiaNew, JAKARTA – Mandalika masuk dalam salah satu destinasi prioritas garapan Presiden Jokowi. Bahkan, Mandalika siap dengan wajah barunya di 2019.

Menurut Edwin Darma Setiawan selaku Direktur ITDC menambahkan bila proses penyelesaian tanah di Mandalika selama 26 tahun akan selesai. Otomatis, pihaknya sudah siap membangun pariwisata di Mandalika.

“Akhir 2018 atau awal 2019 mulai beroperasi 1.000 kamar, fasilitas air bersih dan air laut sudah berdiri,” jelasnya kepada IndonesiaNew di Gedung BPPT, MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2016).

Diakuinya, pembangunan ini dilakukan di atas lahan tanah 1.135 hektar. Di lahan ini, bakal dibangun hotel Pullman dengan 250 kamar, Royal Tulip, Clubmate akhir tahun depan. Sedangkan, Pullman sudah groundbreaking.

“Selain itu kita mempersiapkan fasilitas air dengan kapasitas 3 ribu meter per kubik dan siap mengairi semua properti di sana,” paparnya.

Selain itu juga bakal dibangun desa wisata. Desa wisata ini akan diberi nama hard village, yakni kawasan kerajinan yang dibangun di depan Masjid.

“Pusat kerajinan ini akan ada di pasar seni dan akan jadi desa wisata yang berdiri di atas tanah 1 hektar,” lanjutnya.

Demi menghidupkan pariwisata di Mandalika, tentunya ITDC akan menggaet masyarakat setempat demi menghidupkan kondisi perekonomian di sana.

“Dalam satu kamar butuh 1,5 orang jadi 1.000 kamar butuh 1.500 orang di 2019 dan lima tahun 5.000 kamar dan total sdm 7.500 orang. Jadinya mengandalkan masyarkat setempat. Bahkan, kita membangun politeknik di Praya untuk tenaga kerja yang handal,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*