Wisata belanja (Foto: Kreditguiden)

Solo Great Sale 2017 Warnai Wisata Belanja di Tanah Air

IndonesiaNew, JAKARTA – Bagi yang suka belanja, sudah saatnya mendatangi Solo. Pasalnya, di sana sudah siap menanti para penggila belanja melalui Solo Great Sale 2017.

Dengan mengangkat tema “Ceria Bersama Pesona Belanja Kota Budaya” dan akan memanjakan semua wisman dan wisnus selama satu bulan penuh, 1-28 Februari 2017 untuk pesta discount.

Lokasinya, di semua pusat perdagangan dan perbelanjaan, hotel & restoran, pertokoan, serta outlet bisnis lainnya yang ada di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bagi pemburu diskon, penghobi belanja, sekaligus jalan-jalan di pusat perbelanjaan Kota Bengawan, pastikan di antara tanggal 1-28 Februari itu membuat planning ke Solo, sebab ada Solo Great Sales 2017 yang sudah memasuki tahun ke-3.

Kegiatan ini makin memperkuat branding Kota Solo sebagai kota budaya, destinasi wisata & kota MICE.  “Selama satu bulan SGS 2017 ini diproyeksikan menghasilkan transaksi sebesar Rp 200M, atau naik 30% dari capaian tahun lalu Rp 125M. Kunjungan wisatawan ditargetkan 250.000 orang, yang menginap di hotel 150 ribu. Maka events ini betul-betul akan berdampak signifikan terhadap perekonomian lokal di Solo, dari sektor pariwisata,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, Shopping dan Culinery, kata Arief Yahya, itu adalah 45% dari 60% portofolio Pariwisata. Jadi persentasenya sangat besar. Pariwisata itu 60% culture, 35% nature, 5% manmade. Dari 60% yang culture itu, 45%-nya diborong oleh Shopping and Culinary.  “Karena itu Solo Great Sale 2017 ini menjadi sangat strategis,” bebernya lagi.

Kehadiran Solo Great Sale 2017 merupakan salah satu program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 265 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Untuk memeriahkan SGS 2017, akan diintegrasikan dengan berbagai kegiatan lain selama Februari 2017 di Kota Solo. Seperti Solo Imlek Festival (Chinese Traditional & Cullinary and Flying Lampion), Haul Habib Ali Bin Muhammad al Habsyi, Grebeg Sudiro (sedekah bumi, grebeg & kembang api).

Festival Jenang, Hari Jadi Kota Solo, Pameran Produk UKM; Festival seni budaya, Solo Fashion Paradise, Otomotif & Realestate Expo, Solo Karnaval, kreatifitas tenant dan hiburan lainnya.

Penyelenggaraan even Solo Great Sale 2017 dalam dua tahun terakhir menghasilkan kenaikan omzet yang siginifikan. Penyelengaraan Solo Great Sale tahun 2015 yang diikuti 571 tenant menghasilkan omzet Rp80 miliar, sedangkan di 2016 diikuti 1.206 tenant mengasilkan omzet Rp161 Miliar, sedangkan di Solo Great Sale 2017 diikuti 1.500 tenant ditargetkan akan menghasilkan omzet Rp200 miliar.

Di sisi lain, kehadiran Solo Great Sale 2017 sedikit berbeda. Pasalnya, banyak pasar tradisional yang dilibatkan untuk memeriahkan ajang wisata belanja tahunan ini.

“Ada kurang lebih 12 pasar tradisional dilibatkan sehingga warna-warni Solo Great Sale 2017 bisa lebih hidup saat disambangi wisatawan domestik maupun internasional,” tukas Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*