Fosil purba (Foto: ragnarslngsaas)

Soppeng, “Rumah” Jutaan Fosil Purba di Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Kekayaan pariwisata di Tanah Air kian terungkap, terlebih telah ditemukan jutaan fosil purba di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Bupati Soppeng, Kaswadi Razak mengatakan bila para peneliti arkeolog telah mendapatkan jutaan fosil purba yang berada di Kabupaten Soppeng.

“Semua temuan fosil purba didapatkan dari lembah Sungai Walenai di wilayah Soppeng, Sulawesi Selatan,” jelasnya di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Diakuinya, temuan fosil purba di Soppeng diantaranya fosil-fosil gajah purba, fosil gajah kerdil, kura-kura raksasa, beberapa alat yang dipakai oleh manusia purba.

“Penemuan fosil purba ini pertama kali ditemukan oleh Belanda tahun 1947 yang kemudian diteliti oleh Belanda di tahun 1950. Lalu sekira 1980an, Indonesia mulai turut serta menelitinya,” paparnya.

Lantas dimanakah perbedaan fosil-fosil yang ada di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan dengan fosil-fosil yang ada di dunia?

“Di Soppeng terdapat babi purba atau nama latinnya bernama Celebgorus Hekereni. Keberadaan fosil di Soppeng jumlahnya ribuan dengan usia fosil jutaan tahun yang lalu,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*