Tak Ingin Ada Serbuk saat Buat Minuman Kopi di Rumah, Ini Dia Rumusnya!

IndonesiaNew, BALI – Membuat minuman kopi di rumah sering kali terdapat serbuk kopi di bagian atas. Guna membuang serbuk tersebut harus menggunakan penyaring kopi. Lantas, bagaimana membuat kopi di rumah tanpa ada serbuk kopi tersebut? Ini dia rahasianya!.

Menurut Pengelola Satria Agrowisata Dewa Made Juliartawan mengutarakan bahwa dalam membuat minuman kopi di rumah, maka sebaiknya harus menuangkan air panas terlebih dahulu di dalam cangkir atau gelas yang akan digunakan.

“Sebelum ditaruh kopi harus disiram air panas kemudian didiamkan selama lima menit barulah kopi di masukkan ke dalam gelas,” ujarnya kepada IndonesiaNew di Bali, belum lama ini.

Diakuinya, tingkat kematangan air juga harus diutamakan yakni harus memiliki suhu 100 derajat celsius, bila tak memiliki alat pengukur suhu maka lihatlah air yang di masak harus menimbulkan gelembung air saat di masak.

“Air panas yang disiram ke dalam gelas akan membuat rasa kopi lebih pekat dan akan lebih enak ketika diminum. Air panas harus diisi secara penuh ke dalam gelas, fungsinya gelas menjadi hangat,” bebernya.

Berbeda dengan ketika kopi ditaruh secara langsung ke dalam gelas. Kenikmatan kopi akan berkurang, warna kopi juga akan berubah.

Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah saat penuangan kopinya. Taruhlah air panas dalam kondisi ditarik ke atas seperti layaknya membuat es tarik.

“Air yang ada di dalam gelas akan memunculkan gelembung air yang berfungsi akan mengeluarkan rasa dan aroma kopi itu sendiri. Hal inilah yang membuat serbuk kopi yang ada di atas akan turun dengan sendirinya tanpa disaring,” paparnya.

Baginya, untuk kadar normal bukan pecinta kopi maka gula yang dibutuhkan dua sendok teh dan satu serbuk kopi sendok teh. Kalau pecinta kopi tanpa gula.

“Jika tidak suka manis, maka gula satu sendok teh kopi dua sendok teh,” ucapnya lagi.

Pria asli Bali ini menambahkan penggunaan gula di sendok teh bukan berbentuk menggunung melainkan cukup datar saja. Bila suka manis maka lakukan keseimbangan antara kopi dan gula, misalkan gula yang diinginkan lebih banyak maka kopinya pun juga harus lebih banyak.

“Ini membuat balance di dalam kopi, kadar manis pun akan berkurang saat tercampur di dalam kopi. Kadar caffein dalam kopi bisa melarutkan gula itu sendiri,” tukasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*