Tarian di Ternate (Foto: Indonesiakaya)

Tarian Ini Bawa Ternate Dikenal Jutaan Wisatawan Mancanegara

IndonesiaNew, TERNATE – Kekayaan Indonesia tak sebatas alam, ada hal lain yang lebih indah untuk disaksikan yakni tari-tarian. Setiap wilayah di Tanah Air memiliki tarian yang khas.

Bepergian ke Indonesia Timur, jangan lupa menyambangi Ternate. Pasalnya, salah satu wilayah kepulauan di salah satu Indonesia Timur ini kaya wisata bahari. Tapi, wilayah ini juga kaya budaya. Termasuk, tari-tariannya.

Di Ternate memiliki jutaan tari-tarian, tapi dari semua tarian ada dua jenis tarian yang kerap dikenal banyak turis lokal maupun mancanegara. Tarian ini adalah tarian soya-soya dan tarian naro oti.

Tarian pertama adalah tarian soya-soya. Tarian ini merupakan simbol peperangan rakyat Maluku khususnya digunakan untuk mengusir Portugis.

Bahkan, saking dikenalnya maka tarian ini kerap dipakan untuk di acara kehormatan maupun acara kedatangan mulai dari Presiden, Bupati, Gubernur hingga Duta Besar.

Kemudian yang kedua adalah Tarian naro oti. Naro oti dalam bahasa ternate berarti naro itu mengayuh sedangkan oti adalah kail ikan. Tarian ini memang ditujukan buat para nelayan di Ternate.

Maklum saja, di wilayah yang berseberangan dengan Pulau Tidore dan Halmahera ini memang sangat kaya dengan bahari maupun kelautan. Biasanya, tarian ini dilakukan sebelum para nelayan bepergian untuk mencari ikan.

Tak itu saja, tarian ini juga dianggap masyarakat Ternate menjadi tanda puji syukur kepada Tuhan sebelum nelayan menjalankan tugasnya menangkap ikan. Para nelayan berharap agar ikan yang ditangkap tak sebatas berjumlah sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*