Citilink (Foto: Airliners)

Terbang ke Gorontalo, Citilink Perkaya Rute Indonesia Timur

IndonesiaNew, GORONTALO – Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia mulai hari ini, Jumat 28 Juli 2017, melakukan penerbangan perdana Gorontalo ke Jakarta via Makassar, sebagai bagian dari strategi untuk melakukan ekspansi bisnis sekaligus langkah maskapai dalam memperluas konektivitas nusantara di wilayah Timur Indonesia.

“Pertumbuhan positif yang dicapai Citilink Indonesia tidak terlepas dari upaya perluasan jaringan penerbangan yang dilakukan secara berkelanjutan, sehingga tidak saja memberi manfaat bagi perusahaan, tetapi juga daerah-daerah yang diterbangi Citilink Indonesia,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo pada acara pelepasan penerbangan perdana di Bandara Djalaluddin, Gorontalo, Jumat (28/7/2017).

Pihaknya berharap penerbangan perdana ini dapat mendukung percepatan pertumbuhan pembangunan Gorontalo baik secara ekonomi, pariwisata maupun kehidupan sosial lainnya.

Juliandra mengatakan potensi yang dimiliki Provinsi Gorontalo sangat besar, terutama dalam sektor pariwisata  dan juga kekayaan alam yang dimilikinya yang masih perlu digali lebih jauh sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga dapat mempromosikan Indonesia secara lebih luas lagi.

Gorontalo merupakan wilayah penting dalam upaya pengembangan Kawasan Timur Indonesia. Pembukaan rute baru Gorontalo – Jakarta via Makassar ini menjadikan jaringan penerbangan Citilink Indonesia tersebar baik di Barat maupun ke Timur Indonesia.

“Pembukaan rute ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink Indonesia dalam mendukung percepatan tercapainya target Pemerintah di sektor pariwisata, yang menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke tanah air hingga tahun 2019,” katanya.

Menyinggung penguasaan market share di Gorontalo, Juliandra mengatakan, sementara ini Citilink Indonesia optimis dapat mencapai hampir 20 persen dari pasar yang ada, terlebih bila melihat tingkat isian penumpang pada penerbangan perdana ini bisa mencapai tingkat isian penumpang sampai 70 persen.

Penerbangan QG 311 rute baru Gorontalo ke Jakarta via Makassar berangkat dari Gorontalo pukul 11.00 WITA dan tiba di Jakarta pada pukul 15.10 WIB. Penerbangan tersebut akan ditempuh selama empat jam.

Sementara itu, penerbangan sebaliknya dari Jakarta menuju ke Gorontalo via Makassar berangkat pukul 04.30 WIB dan tiba di Gorontalo pukul 10.15 WITA. Untuk melayani rute penerbangan ini, Citilink Indonesia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Sepanjang pertengahan tahun 2017, Citilink Indonesia telah membuka empat rute penerbangan baru. Tiga rute baru di Kawasan Timur Indonesia yaitu Jayapura, Kendari, dan Gorontalo dan juga rute regional pertama ke Dili, Timor Leste.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*