Candi Prambanan (Foto: Nationalgeographic)

Tiga Kota Besar di Indonesia Ini Raih Smart City 2016

Indonesianew, JAKARTA – Indonesia memiliki banyak kota besar. Lantas, dari sekian banyak manakah yang termasuk Smart City? Ini jawabannya.

Dari sekian banyak kota-kota besar di Indonesia, maka telah ditetapkan tiga kota besar yang terpilih. Dialah Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Predikat ini merupakan hasil pengukuran indeks kematangan Smart City yang dilakukan oleh Citiasia Center for Smart Nation (CCSN).

Ketiga kota tersebut mengungguli 90 kota lainnya dalam nilai Smart Region Maturity Index (SRMI) tahun 2016.

Beberapa kota lain, seperti Semarang dan Solo memiliki nilai yang tidak terpaut jauh dari ketiga kota diatas dalam capaian Smart Region Maturity Index.

CEO Citaisia Farid Subkhan, menjelaskan Citiasia sangat peduli terhadap pembangunan dengan konsep smart city di Indonesia, agar semakin banyak daerah-daerah yang menjadi daerah pintar yang pada akhirnya akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa pintar atau smart nation.

“Kalau seluruh daerah di Indonesia sudah menjadi daerah pintar, maka Indonesia akan menjadi bangsa pintar (smart nation),” jelasnya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan “Go Digital”, di mana Indonesia saat ini adalah negara yang ramah IT.

Dengan perilaku wisatawan telah bergeser dari konvensional ke cara modern di semua aspek kehidupan mereka.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan Smart City 2016 (Foto: Kemenpar)

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan Smart City 2016 (Foto: Kemenpar)

“Teknologi digital akan lebih personal, lebih profesional, dan lebih global. Untuk respon cerdas perkembangan ini, Indonesia sedang mempersiapkan tempat pasar yang disebut ITX (Indonesia Travel Exchange) untuk melayani perkembangan cepat industri perjalanan,” bebernya.

Diakuinya, wisatawan atau pelanggan dapat mengambil LBP (Look, Book, dan Pay) melalui sistem IT yang menawarkan harga yang lebih rendah, dan kita dapat menghitung tingkat konversi.

“Indonesia juga telah menerapkan pendekatan pemasaran digital dengan memberikan informasi melalui “tourism big data” pemasaran melalui sosial media, dan sebagainya,” tambahnya.

Sedangkan Cahyana Ahmadjayadi, Chairman Citiasia mengutarakan saat ini kota-kota yang ada di Indonesia sudah harus bersaing dengan kota-kota yang ada di dunia, bukan lagi dengan sesama kota di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami sangat peduli dan mendorong agar kota-kota di Indonesia juga bisa menjadi smart city, seperti yang sudah dilakukan di negara-negara maju lain,” lanjutnya.

Untuk tingkat provinsi, provinsi-provinsi di Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah masih menjadi provinsi terbaik dalam indeks SRMI provinsi.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten, peringkat terbaik diterima oleh Kabupaten Bogor, Bandung, dan Malang.

Smart Region Maturity Index merupakan indeks untuk mengukur kesiapan dan kinerja Smart City yang disusun oleh Citiasia Center for Smart Nation.

Sebagai lembaga yang sejak tahun 2015 secara rutin melakukan pengukuran kematangan daerah pintar di Indonesia, tahun ini Citiasia Center for Smart Nation kembali mengumumkan daerah- daerah mana saja yang mendapatkan predikat sebagai daerah-daerah terbaik dalam penerapan konsep pembangunan daerah pintar.

Tidak hanya 93 Kota, Citiasia Center for Smart Nation juga melakukan pengukuran terhadap 415 Kabupaten dan 34 Provinsi di Indonesia. Hasil dari pengukuran tersebut diumumkan dalam kegiatan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*