Kereta api cepat (Foto: Reuters)

Tiket Kereta Cepat Jakarta ke Surabaya Bakal Dibandrol Rp500 Ribu

IndonesiaNew, JAKARTA – Indonesia akan membangun kereta api cepat dengan tujuan Jakarta ke Surabaya. Rencananya, kecepatan kereta api tersebut mampu menembus 160 km/jam.

“Kecepatan kereta api cepat ini akan menembus di angka 160 km/jam, ukuran ini dihitung akan diperkirakan perjalanan mencapai 5 jam,” jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko Maritim, Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Bahkan, rencananya tiket perjalanan tersebut akan dibandrol seharga Rp500 ribu hingga Rp600 ribu. Harga ini tentu akan dievaluasi kembali bersama pihak Kementerian Perhubungan serta PT. Kereta Api Indonesia.

Menurutnya, pembangunan kereta api ini akan menggaet Jepang sebagai bentuk kerjasama dengan Indonesia. Bila dilihat perhitungannya maka butuh biaya yang besar.

“Pembangunan proyek kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya bisa mencapai Rp102 triliun. Namun, berdasarkan perhitungan pemerintah, dana yang dibutuhkan sekitar Rp80 triliun. Hitungan ini tetap saja berada di angka yang besar,” katanya.

Tak itu saja, kereta api cepat tersebut akan menggunakan pembangunan dengan dengan skema private public partnership (PPP). Luhut Panjaitan juga menuturkan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia telah menyelesaikan kajian awal proyek tersebut.

Pemerintah pun memutuskan kereta api semi cepat itu akan menggunakan sistem listrik. “Tidak diesel sehingga teknologi kita lebih advance ke depan. Ini sudah kami laporkan ke Presiden,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*