Underwater NTT Siap Jadi Agenda Pariwisata Nasional

IndonesiaNew, JAKARTA – Indonesia terus memperkaya potensi yang indah untuk dinikmati. Melalui Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menjadikan underwater NTT jadi agenda pariwisata nasional.

Menurut Esthy Reko Astuti selaku Deputi Bidang Pengembangan Pasar Nusantara ini mengaku bila event ini sangat bagus untuk dikembangkan.

“Pak Menteri selalu meminta kepada setiap wilayah di Indonesia memiliki tiga agenda nasional pariwisata. Untuk Nusa Tenggara Timur, terdapat Tour de Flores, whale Watching serta Pasola. Tapi, ada satu lagi yang bisa dikembangkan yakni underwater NTT,” jelasnya kepada IndonesiaNew, Senin (28/11/2016).

Diakuinya, event underwater ini sudah dilakukan tiga kali. Di mana, untuk pertama kali yakni Alor underwater, Lembata Underwater, dan sekarang Flores Timur Underwater.

Peluncuran buku underwater NTT (Foto: IndonesiaNew)

Peluncuran buku underwater NTT (Foto: IndonesiaNew)

“Melalui berbagai lewat buku, otomatis kekayaan biota laut di beberapa daerah di NTT akan memperkuat keindahan daerahnya. Terlebih, jika dibuat digital,” paparnya.

Selain itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengatakan bila Nusa Tenggara Timur siap untuk menjadi kota pariwisata Indonesia.

Apalagi, salah satu destinasi wisata yang dimiliki yakni Labuan Bajo ditetapkan sebagai salah satu destinasi prioritas.

“Labuan bajo sudah menjadi destinasi prioritas dan bisa dimanfaatkan daerah lain untuk menggunakan konsern ini bisa menjadi manfaatnya. Ini bisa menjadi kalender Event Nasional sehingga mencapai target wisatawan di 2019 yakni 275 juta perjalanan wisnus dan 20 juta untuk wisatawan mancanegara,” bebernya.

Diakuinya, melalui underwater Nusa Tenggara Timur yang dilakukan para Divers mulai tanggal 23 hingga 28 Agustus 2016 mendokumentasikan berbagai kekayaan bawah laut Flores Timur di delapan titik penyelaman.

“Dari ribuan foto maka terpilih 70 buah foto yang selanjutnya dibukukan ke dalam buku berjudul “Flores Timur Underwater”,” paparnya.

Bahkan, Divers asal Jepang Yuriko Chukiyama mengaku takjub dengan keindahan bawah laut yang ada di Nusa Tenggara Timur.

“Fantastis kekayaan bawah laut di Indonesia, di Jepang memiliki spot seperti ini cuma bicara keindahan sangat luar biasa. Belum lagi, keramahan masyarakatnya serta kuliner yang luar biasa,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*