Belitung (Foto: IndonesiaNew)

UNESCO Beri Signal Positif untuk Geopark Belitung

IndonesiaNew, BELITUNG – Geopark Belitung bakal masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sebagai Taman Bumi atau Geopark dunia. Inilah tanggapan UNESCO!

Melalui Assesor Geopark Global Network (GGN) UNESCO, Guy Martini menilai Geopark Belitung sudah memiliki progres on the track untuk mendunia.

“Prediksinya, dalam kurun waktu 1- 2 tahun Geopark Belitong sudah bisa mendapatkan status sebagai geopark nasional, setelah itu bisa didorong ke level dunia,” jelas Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib sambil meniru ucapan Guy Martini kepada IndonesiaNew, Rabu (11/1/2017).

Hiramsyah S Thaib mengatakan bila pihak UNESCO sempat memverifikasi Geopark Belitong pada tanggal 26 – 29 Desember 2016.

“Hasilnya? Sangat positif. Batuan granit besar, batuan bertekstur porfiritik, mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende beraneka warna hingga batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar yang tersebar merata di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur,” bebernya lagi.

Di sisi lain, Ketua Tim Geopark ITB 81, Diah Herawati. Dia mengaku merasa bahagia sekaligus terkejut karena dalam kurun waktu hanya empat bulan  tim Geopark Belitong sudah bisa running.

“Biasanya daerah lain lebih dari 4 bulan, bertahun-tahun malah belum kemana-mana minimal bergeraknya baru 2 -3 tahun. Tapi tim Geopark Belitong beda. Timnya kompak dari Barat ke Timur. Semua mendukung, Pemerintah Daerah mendukung, komunitas mendukung. Ini cukup mengagetkan saya dan beliau (Martini-red),” paparnya.

Diah Herawati menyatakan masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan. Salah satunya ada menggerakkan komunitas-komunitas untuk membangun wisata mandiri.

“Ayo komunitas di Belitung Timur lebih bergerak lagi. Kalau di Belitung kan sudah banyak pariwisata yang dibuat dari komunitas, di Belitung Timur harus lebih digerakkan lagi. Desa-desa dan komunitas harus membangun pariwisata mandiri,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*