Wisatawan saat liburan di Korea (Foto: KTO)

Wisatawan ke Korea Tembus 17 Juta di 2016

IndonesiaNew, KOREA – Meski sempat merosot akibat MERS mewabah di Korea. Tapi, secara perlahan pariwisata di Korea terus tumbuh. Bahkan di 2016 tembus 17 juta.

Pariwisata Korea telah membaik setelah terjadinya krisis MERS pada tahun lalu, ditandai dengan adanya kenaikan jumlah wisatawan sebanyak 33.1 persen sampai bulan Oktober lalu dan mencapai angka tertinggi sepanjang waktu di angka 14.6 juta pengunjung.

Tahun ini, diperkirakan akan ada lebih dari 17 juta wisatawan ke Korea. Dengan pertimbangan dari berbagai data yang didapat bahwa telah ada lebih dari 15 juta wisatawan sampai pada pertengahan November tahun ini.

Ini merupakan angka tahunan wisatawan tertinggi ke Korea. Rekor sebelumnya ada di tahun 2014 dengan jumlah 14.2 juta wisatawan.

Mayoritas wisatawan datang dari Tiongkok, sekira 7 juta wisatawan, naik 40 persen dari tahun lalu. Kenaikan tersebut tejadi karena semakin banyak wisatawan yang datang sendiri tanpa melalui grup tur.

Wisatawan dari Jepang mengalami kenaikan, terdapat 1.89 juta wisatawan berkunjung ke Korea antara bulan Januari dan Oktober, naik 1.26 persen dan sedikit di bawah tahun 2014, dengan 1.93 juta wisatawan.

Ada tambahan angka dari negara-negara lain juga, terutama dari Asia Tenggara. Tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun terbesar adalah dari Taiwan, dengan kenaikan 67.3 persen.

Dalam kaitannya dengan jumlah wisatan ke Korea tahun ini, Taiwan berada di posisi keempat, setelah Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat.

Vietnam dan Indonesia mengalami peningkatan lebih dari 50 persen, yaitu masing-masing 56.1 persen dan 53.9 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*