Wisatawan saat liburan di Korea (Foto: KTO)

Wisatawan Terbanyak ke Korea, Indonesia Urutan ke-9

IndonesiaNew, JAKARTA – Korea Tourism Organization merilis jumlah wisatawan terbanyak ke Korea. Hasilnya, Indonesia berada di urutan ke-9.

Menurut data statistik tersebut, pada tahun 2016 lalu terdapat 17.241.823 wisatawan asing yang berkunjung ke Korea, atau naik sebesar 30,3 persen dibandingkan tahun 2015 dengan jumlah wisatawan sebanyak 13.231.651 wisatawan.

Meski hubungan diplomatik dengan China tidak baik diakibatkan sistem pertahanan rudal Korea atau THAAD (Terminal High-Altitude Area Defense), tetapi secara year on year wisatawan China meningkat 34 persen dibandingkan tahun 2015.

Hal ini disebabkan ada peningkatan jumlah wisatawan individu, kunjungan wisatawan di akhir pekan selama musim dingin, dan wisatawan akhir pekan.

Sementara itu, wisatawan Asia Tenggara (6 negara) meningkat sekira 39 persen dibanding tahun 2015, pasalnya promosi paket wisata musim dingin telah dibukan rute penerbangan baru ke Korea.

Penerbangan terbaru ini meliputi Delhi ke Incheon oleh Korean Air, lalu Incheon menuju Hanoi serta Busan ke Hanoi oleh Vietjet.

Sementara itu, wisatawan dari Indonesia memperlihatkan peningkatan signifikan dengan tingkat pertumbuhan paling tinggi di wilayah Asia Tenggara, yakni meningkat 52 persen ke angka 295.000 wisatawan jika dibandingkan dengan tahun 2015.

“Dan dari semua negara yang berkunjung ke Korea, Indonesia menempati posisi ke-9,” ucap Direktur Korea Tourism Organization Jakarta, OH Hyonjae kepada IndonesiaNew, Selasa (14/2/2017).

Diakuinya dalam bahwa Indonesia memiliki penduduk sekira 250 juta dan merupakan negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

“Selain itu, Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia, tingkat pertumbuhan wisatawan ke Koreanya sangat tinggi. Dalam 10 tahun ke depan, diperkirakan Indonesia akan menjadi pasar yang besar bagi pariwisata Korea dan akan masuk ke posisi 3 bersama China, Jepang dan lainnya,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*