Pariwisata Indonesia ada di Travel Revolution di Singapura (Foto: Kemenpar)

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di Travel Revolution 2018 Singapura

IndonesiaNew, JAKARTA – Kementerian Pariwisata menargetkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini sebesar 17 juta wisman, dan diharapkan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019. Pada tahun ini, peningkatan jumlah kunjungan wisman dari Singapura ditargetkan sebanyak 1,7 juta orang.

Peningkatan target wisman ini diikuti dengan pengeluaran kebijakan seperti free visa untuk 169 negara, kebijakan baru terkait CAIT dan juga gencarnya hardselling dan kerjasama dengan maskapai penerbangan dan wholesalers.

I Gde Pitana, Deputi Pemasaran I, Kementerian Pariwisata RI, mengatakan, Indonesia melalui Kementerian Pariwista akan berpartisipasi pada pameran Travel Revolution 2018 yang akan dilaksanakan di Marina Bay Sands, Singapura, yang diselenggarakan dua kali setahun oleh Singapore Outbound Travel Agents Association (SOTA). Ajang travel fair ke-4 ini diadakan mulai 23 hingga 25 Maret 2018  sekaligus merupakan event yang sangat potensial untuk melanjutkan program promosi Kemenpar yang fokus pada branding, advertising dan selling karena merupakan pameran B to C (Consumer Show) yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka dan menawarkan paket-paket wisata Indonesia.

Pada partisipasi tahun ini, Indonesia menampilkan paviliun seluas 54 sqm (6 booth) dengan mengangkat tema kapal phinisi sebagai icon yang menjadi ciri khas booth Indonesia di pameran. Peserta yang bergabung di paviliun Indonesia terdiri dari 12 table untuk digunakan oleh industri pariwisata Indonesia yang berasal dari 6 provinsi yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jawa Barat, D. I Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Komposisi tersebut terdiri dari TA/TO anggota ASITA dan industri Akomodasi/DMO, untuk melakukan pelayanan informasi, promosi produk dan destinasi yang ada di Indonesia, Sabtu (17/3/2018).

Selain sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat Singapura, Travel Revolution diharapkan juga bisa menghasilkan transaksi yang signifikan dari hasil penjualan paket wisata dalam upaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Selama tiga hari pameran, akan ada banyak aktivitas yang akan dapat dinikmati pengunjung di booth Indonesia seperti coffee & refreshment corner, Spa Corner, Virtual reality video 360º, gimmick and gift Redemption, Peta Indonesia Interaktif dan juga pertunjukan kesenian budaya dari tim Wonderful Indonesia.

Partisipasi pada event tahunan ini, merupakan salah satu upaya untuk melanjutkan program promosi Kemenpar yang sebelumnya berfokus pada branding dan advertising. Dimana Kemenpar mulai menggencarkan strategi Selling terutama pada pasar utama di antaranya dengan berpartisipasi pada event pameran pariwisata internasional untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Selain akan bertemu dengan kurang lebih 80.000 pengunjung, seller Indonesia juga dapat menjalin networking dengan local agent Singapura yang berpartisipasi maupun anggota SOTA.

Misi ganda Kemenpar dalam ajang ini, selain promosi dan selling destinasi wisata, Wonderful Indonesia juga ikut mempromosikan agenda wisata sepanjang tahun 2018 unggulan serta ASIAN Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia pada 18 Agustus – 2 September mendatang. Dimana Dispar Sumatera Selatan dan DKI Jakarta berpartisipasi serta di Booth Indonesia dengan membawa travel agent khusus menjual paket wisata ASIAN Games.

Melalui partisipasi Kemenpar pada Travel Revolution 2018, diharapkan akan lebih banyak terjalin kontrak bsnis antara sellers Indonesia dengan buyers Singapura serta penjualan paket wisata langsung kepada masyarakat Singapura yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman Singapura ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*