ICCA Indonesia Forum 2020 Bukti Pariwisata Indonesia Aman dari Virus Corona

ICCA Indonesia Forum 2020 Bukti Pariwisata Indonesia Aman dari Virus Corona

IndonesiaNew, JAKARTA – ICCA Indonesia Committee merupakan komunitas anggota Asosiasi Kongres dan Konvensi Internasional (International Congress and Convention Association/ICCA) dari Indonesia menyelenggarakan ajang MICE berskala internasional yakni ICCA INDONESIA FORUM 2020 tanggal 25 Februari 2020 di JIExpo Convention
Centre & Theatre, Jakarta.

ICCA Indonesia Forum merupakan forum pertemuan para pelaku industri pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE) dan industri pendukungnya serta stakeholder terkait sebagai ajang untuk knowledge-sharing, update tren MICE global oleh pembicara internasional anggota ICCA yang merupakan pelaku industri MICE global, dan networking.

Dihadiri sekira 200 peserta terdiri dari pelaku industri MICE dan industri pendukungnya serta stakeholder terkait lainnya seperti ketua asosiasi dalam berbagai bidang termasuk kedokteran, direktur bidang hubungan luar negeri di berbagai kementerian dan lembaga, akademisi, dan media.

Ketua ICCA Indonesia Raty Ning mengatakan ICCA Indonesia Forum 2020 diselenggarakan untuk memanfaatkan momentum dengan adanya pemerintahan yang baru (Kabinet Indonesia Maju) untuk mengetahui arah industri MICE dalam 5
(lima) tahun ke depan.

“Kami berharap kegiatan ICCA Indonesia Indonesia Forum dapat memberikan masukan positif kepada Pemerintah agar mendukung promosi Indonesia sebagai destinasi pertemuan asosiasi internasional (association meeting) agar mampu bersaing dengan destinasi MICE global,” tambah Raty.

Seperti diketahui bahwa bahwa industri pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE) merupakan industri yang paling cepat mendatangkan devisa, dikarenakan karakter turis MICE memiliki jumlah spending atau belanja yang jauh lebih besar ketimbang wisatawan leisure. Salah satu yang memiliki potensi besar adalah menjadi tuan rumah (host) pertemuan asosiasi internasional karena dalam kegiatan ini terjadi transfer of knowledge dan
memberikan economic impact terhadap tuan rumah (host).

“Selain mendorong pertumbuhan industri MICE di Indonesia, yang mencakup pendidikan dan networking, penyelenggaraan ICCA Indonesia Forum 2020 bertujuan untuk menghadirkan lebih banyak visibilitas bagi Indonesia di panggung internasional, meningkatkan kapasitas dan kemampuan industri MICE di Indonesia, mendukung program Pemerintah untuk memajukan industri MICE di Indonesia agar mampu bersaing dengan destinasi MICE global, utamanya meningkatkan posisi Indonesia sebagai sebagai salah satu destinasi pertemuan asosiasi internasional (association meeting) pilihan dunia,” lanjutnya.

Menurut Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rizki Handayani di dalam Rencana Pembangungan Jangka Menengah (RPJM) Pemerintah bahwa Industri Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran (MICE) telah menjadi salah satu fokus yang harus dikembangkan, karena melalui penyelenggaraan event MICE seperti konferensi-konferensi keahlian di Indonesia, bukan hanya meningkatkan citra pariwisata dan devisa namun juga mampu memberikan dampak terhadap pengembangan kapasitas bagi kalangan profesional di Indonesia itu sendiri.

“Oleh karena itu saya berharap forum ini dapat memperluas networking serta meningkatkan kemampuan bagi pesertanya untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan event MICE di Indonesia,” ujar Rizki Handayani.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki fasilitas dan infrastruktur serta pengalaman panjang dalam penyelenggaraan beragam pertemuan pemerintah skala sangat besar (mega event), diantaranya UN Climate Change Conference dan IMF-World Bank Group Annual Meeting. Namun, jumlah pertemuan asosiasi internasional berskala besar di Indonesia belum banyak. Data ICCA menunjukkan pada tahun 2018 Indonesia menduduki posisi ke-36 untuk Ranking Dunia Destinasi Pertemuan Asosiasi Internasional dengan total 122 pertemuan tingkat regional dan dunia. Sementara itu, di kawasan Asia Pasifik, Indonesia berada di urutan ke-11. Namun Indonesia masih berada di bawah negaranegara ASEAN, seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

“Sejalan dengan tujuan dari pembentukan ICCA Indonesia Committee diantaranya edukasi, dalam setahun kami berencana untuk mengadakan dua forum edukasi atau training untuk meningkatkan kapasitas stakeholder industri MICE di destinasi MICE yang berbeda di Indonesia. Untuk kegiatan ini kami terbuka untuk bekerjasama dengan asosiasi industri terkait,” tutup Raty.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.