Hermawan Kartajaya: Pulihkan Bali, Kunci Utama Bangkitkan Pariwisata Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Pariwisata Indonesia diterpa convid-19 atau yang lebih dikenal virus corona. Demi membangkitkan pariwisata Indonesia membuat Praktisi Pemasaran Indonesia Hermawan Kartajaya angkat bicara. Baginya, Indonesia harus memulihkan Bali.

“Kita tahu seluruh negara bukan hanya di Indonesia diserang virus corona. Namun, untuk Pariwisata Indonesia maka tidak ada kata lain adalah harus memulihkan Bali karena Bali kunci utama bangkitkan pariwisata Indonesia,” ucapnya kepada IndonesiaNew di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Baginya, Pulau Dewata sudah menjadi ikon pariwisata Indonesia terlebih branding Bali sudah kuat maka secara otomatis maka pariwisata Indonesia tidak boleh menanggalkan Bali.

“Branding itu sangat dibutuhkan termasuk Pariwisata Indonesia. Bicara Bali, maka semua mata wisatawan tertuju pada Bali makanya branding Bali sangat kuat dan bali sudah menjadi branding pariwisata Indonesia,” bebernya.

Chairman Markplus ini menambahkan bahwa di marketing ada produk, brand dan costumer meskipun produk bagus kemudian atraksi banyak namun branding tidak kuat maka wisatawan tidak ada yang mau datang ke Indonesia.

“Brand sudah kuat, maka sambil dibangun produknya otomatis hasilnya beda karena branding itu payungnya, produk dan costumer ada di dalamnya,” tambahnya.

Kemudian, selain Bali maka Indonesia harus harus transparan, fungsinya adalah agar menjamin keselamatan wisatawan.

“Bila aman Maka katakan aman dan bila tidak maka katakan tidak. Bukan sebatas berbicara aman atau tidak tapi harus ada pembuktian karena bicara wisatawan maka bicara soal kepercayaan,” tukasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.