Endah Bakoel Buah Pusatnya Buah Segar

IndonesiaNew, JAKARTA – Sistem belanja online sangat dibutuhkan di era pandemi virus corona, termasuk dalam mencari buah-buahan. Bila ingin berbelanja buah segar secara online dan mencari kualitas kesegarannya maka travelers bisa membelinya di @endahbakoelbuah.

Buah-buahan yang dijajakan oleh @endahbakoelbuah ini bukan hanya kesegaran menjadi modal utamanya, dari sisi harganya pun terbilang terjangkau. Dampak merebaknya virus corona membuat masyarakat Indonesia lebih memilih tak keluar rumah ini membuat sang pemilik @endahbakoelbuah yakni Endah Dwi Ekowati memiliki banyak gagasan untuk menghasilkan ide cemerlang untuk berbisnis. Salah satunya menjual buah segar

“Bisnis ini berjalan sejak awal pandemi mulai di indonesia atau pada awal April 2020 lalu ketika pemerintah memberlakukan PSBB, selain karena bisnis utama sebagai entrepreneur konsultan public relations sedang slow down akibat pandemi, ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap berkegiatan dan mencari rejeki lain di masa yg sedang sulit ini, maka seperti mayoritas orang yang mulai usaha berdagang, aku pun iseng untuk mencoba,” ujarnya kepada IndonesiaNew, Minggu (22/9/2020).

Diakuinya, awal munculnya @endahbakoelbuah ini tercetus dari ide sang suami yang melihat kesempatan berbisnis di masa pandemi terutama ketika psbb total apalagi kebanyakan masyarakat lebih memilih berada di rumah.

“Karena belum pede dan emang tidak berbakat dagang jadi ya kurang semangat gitu nanggapinnya, sampai suami kasih ide untuk bisnis jualan buah segar karena ada salah satu teman sepedanya (kebetulan suami penggila olahraga sepeda khususnya mountain bike) dan kebetulan jadi distributor (gudang) buah segar,” paparnya.

Perempuan yang akrab disapa Endah ini mulai mencoba usahanya tersebut dengan rasa nothing to loose. Bahkan seiring berjalannya waktu, usaha yang dijalankannya pun mendapat respon positif.

“So far karena sifatnya masih rumahan, alhamdulillah stabil terus dengan marjin yang fluktuatif (tapi belum pernah rugi sih) dan karena aku saat ini jualannya sistemnya open po tiap minggu jadi ya lumayan untuk menambah pendapatan di kala pandemi,” bebernya tersenyum.

Meskipun jualan buah secara online sudah banyak namun dirinya tetap optimis dengan usaha yang dilakukannya. Baginya, kepuasan konsumen menjadi nomor satu dalam melakukan bisnisnya.

“Bisnis jualan buah online memang sudah ada yg melakukan tapi kebanyakan list buah yang ditawarkan hanya tertentu saja tidak lengkap. Kalau di tukang jualan buah yang ada di pinggir jalan juga tidak terlalu lengkap, jadi ini ibarat supermarket buah gitu, ada berbagai jenis buah yang aku tawarkan jadi konsumen tinggal milih aja mau pesan buah yang mana dengan nyaman tanpa repot keluar rumah,” jelasnya.

Endah Bakoel Buah (Foto:endahbakoelbuah)

“Dalam usaha aku ini, yang aku jaga adalah kepuasan untuk konsumen, misalnya ada buah yang keliatan pada saat disiapkan bagus tapi ternyata kondisi sampai di konsumen kurang bagus, maka aku bisa tukarkan dengan buah yang lebih bagus (karena terkadang ada kondisi buah juga suka tidak terlihat atau kasat mata) atau ditukar dengan buah yang lain atau batal, yang penting konsumen puas,” tambahnya.

Buah yang dijual mulai dari apel, pear, jeruk, anggur, mangga, pisang, jambu crystal, kiwi, plum, nectarin, nanas, melon, mangga, semangka, durian kupas, lengkeng, leci, buah naga dan beberapa lainnya tergantung ketersediaan stock dari gudang buahnya dari buah lokal sampai buah impor dan terdapat beberapa jenis buah untuk kategori yang sama, misalnya apel, itu ada apel fuji, apel red del USA, apel roya gala dan lain lain.

“Untuk harga buah ecerannya tergantung jenis nya, berkisar mulai dari Rp10 ribu/kg dan yang paling mahal itu jenis buah anggur impor, ada yang sampai Rp100 ribu/kg,” tukasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.