Svargabumi Angkat Pamor Persawahan Jadi Naik Kelas

IndonesiaNew, SEMARANG – Selama ini area persawahan hanya dianggap sebatas sebagai tempat para petani, kini anggapan tersebut perlahan luntur. Pasalnya, kehadiran destinasi wisata Svargabumi membuat area persawahan menjadi terangkat.

Melalui kreativitas Putranto Cahyono salah satu owner Svargabumi mengangkat area persawahan yang diubah menjadi destinasi wisata Svargabumi yang sekaligus menjadi wisata second layer setelah Candi Borobudur. Memiliki konsep pelestarian alam, dan tema wisata sawah swafoto.

Svargabumi (Foto: IndonesiaNew)

“Dengan adanya Svargabumi, sawah itu akhirnya bisa naik kelas, karena di dalamnya itu ada tiga hal. Pertama, masalah ketahanan pangan, jadi sawah tetap produktif. Kedua, pemberdayaan masyarakat. Kami bareng-bareng bersama perhutani, pemilik lahan, dan ketiga ekonomi kreatif. Dalam artian sawah itu sekarang menjadi tempat wisata,” katanya di Jalan Borobudur, Ngadiharjo, Sawah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah belum lama ini.

Menurutnya, Svargabumi mulai dibuka pada 8 Agustus 2020. Objek wisata ini berdiri di atas lahan sawah seluas 3 hektare. Svargabumi juga memiliki banyak pemandangan eksotis. Wisatawan bisa bersantai di tengah sawah sambil menikmati empat pemandagan sekaligus, yaitu, Candi Borobudur, Merapi, Sumbing, hingga Bukit Menoreh.

“Ada 22 spot swafoto lalu sebelah timur wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Kalau pagi dan cerah, Merapi dan Merbabu terlihat indah. Sebelah barat ada Sumbing dan terlihat kalau bagus. Dan, pemandangan lainnya adalah Puncak Borobudur dan Bukit Menoreh,” ujarnya.

Svargabumi (Foto: IndonesiaNew)

Untuk harga tiket masuk, wisatawan cukup membayar Rp25 ribu (dewasa) dan Rp15 ribu (anak-anak). Destinasi ini dibuka mulai pukul 08.00 wib – 17.00 wib hari Senin–Jumat, pukul 06.30 wib – 18.00 wib hari Sabtu – Minggu, dan tutup hari Kamis.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.