Indonesia Pasar Ikan Terbesar di Dunia

IndonesiaNew, JAKARTA – Indonesia dikenal dengan negara kepulauan selain memiliki keindahan yang luar biasa, oleh karenanya Indonesia kerap menjadi sasaran bagi dunia internasional guna mendapatkan hasil laut terutama ikan.

“Anda harus tahu bahwa Indonesia merupakan pasar ikan terbesar di dunia, kenapa demikian? Indonesia memiliki ribuan jenis ikan yang diminati oleh seluruh dunia,” ucap Direktur Utama PT Samudera Team Lautan Abadi Andi Sukarta di Jakarta belum lama ini.

Diakuinya, setiap negara memiliki pasar tersendiri terhadap jenis ikan yang diinginkannya. Hal ini disebabkan faktor kesukaan dalam menyantap ikan.

“Untuk China itu lebih kepada ikan layur, lalu ikan tuna itu Jepang, kemudian ada Thailand yang lebih menyukai ikan jambal roti, ikan banjar, ikan manyu. Tak ketinggalan Malaysia yang kerap mencari ikan banjar dan ikan kembung, ikan kuwe, ikan tenggiri. Bila bicara Eropa, mereka lebih menyukai ikan siap saji yakni ikan tanpa kepala dan tulang,” bebernya lagi.

Meski demikian, dalam menyuplai bahan baku ikan ke dunia internasional maupun di Indonesia masih mengalami kendala. Salah satunya dari sisi transportasi.

“Kapal angkut di Indonesia itu masih minim, otomatis daya suplai kurang terpenuhi. Bilamana transportasi kapal angkut banyak maka membuat angkutan barang jadi lebih mudah sehingga distribusi mengkonsumsi ikan jauh lebih besar,” tukasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.