Merasakan Adrenaline Arung Jeram Gunakan Ban di Umbul Cokro

IndonesiaNew, KLATEN – Bermain arung jeram dengan menggunakan perahu karet tentu sudah biasa, tapi pernahkah merasakan adrenaline dengan menggunakan ban karet? Bila belum pernah maka travelers bisa merasakan di Umbul Cokro, Klaten.

Bermain arung jeram memakai ban karet ini bisa dirasakan di wilayah Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di mana, aliran sungai ini berada di Sungai Pusur yang berada di area pemandian Umbul Cokro.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Solo dan menempuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Untuk memulai petualangan menyusuri sungai ini, Anda harus menuju ke basecamp yang terletak di Dusun Jragan, Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

“Dulu umbul ini bernama Umbul Ingas dikarenakan mata air ini berada diantara pohon ingas. Pohon ini berukuran besar, rindang, dan memang banyak ditemukan di kompleks pemandian ini. Selain sebagai perindang, pohon ini juga merupakan salah satu alasan air di umbul ini selalu jernih,” ucap Pengelola Tubing Umbul Cokro Wawan di Klaten, belum lama ini.

Diakuinya, nama Umbul Ingas berubah secara perlahan. Di mana, nama Cokro Tulung diambil dari nama tempat objek wisata ini berada. Lebih tepatnya, di Desa Cokro Kecamatan Tulung.

“Selain itu, dikarenakan ada harapan bahwa objek wisata ini sebagai saran tetulung atau membantu bagi warga sekitar. Bahkan, Keraton Surakarta Hadiningrat mengambil air dari Cokro Tulung ini untuk keperluan sebagai air minum,” bebernya.

Umbul Cokro berada di kompleks seluas kurang lebih 15.000 meter persegi ini, selain terdapat mata air itu sendiri juga terdapat aliran serupa kali yang menghubungkan dari komplek mata air ke sungai.

Selain bisa merasakan keseruan tubing ini, wisatawan juga bisa merasakan kesegaran airnya. Apalagi kejernihan airnya menjadi nilai jual buat wisatawan yang datang ke Klaten, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *