Disahkan Pemerintah, KEK Pantai Timur Sungailiat Siap Tarik Wisatawan Mancanegara

IndonesiaNew, BANGKA – Propinsi Bangka Belitung kian memperkaya keindahan Indonesia dengan menetapkan satu destinasi wisata yang telah resmi disahkan oleh Pemerintah Indonesia. Destinasi wisata tersebut adalah Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Timur Sungailiat.

Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Timur Sungailiat berada di atas lahan seluas 600 hektar akan dibangun perhotelan, kawasan kebudayaan, aktivitas bahari, laizure hingga lapangan golf berstandar internasional.

“Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Timur Sungaliat sudah disahkan oleh pemerintah tanggal 5 November 2018,” ucap Direktur PT Pantai Timur Sungailiat, Thomas Jusman, belum lama ini.

Diakuinya, Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Timur Sungailiat siap menyasar wisatawan Asia Tenggara dan Asia Timur, apalagi pihaknya melihat potensi wisata yang ada di Bangka menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara khususnya di Asia.

“Biasanya mereka (wisatawan-red) menyasar wisata religi, karena kita ada Puri Agung, China Town. Negara-negara dengan posisi jarak tempuh sekitar 3-4 jam  ke Bangka, negara-negara tersebut antara lain Singapura, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hongkong tanpa mengabaikan turis lokal.

Baginya, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Timur Sungailiat ini sejalan dengan keinginan Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat ini Bangka Belitung masuk ke ekonomi pariwisata. Kawasan KEK ini menjadi trigger untuk pengembangan pariwisata, investor akan tertarik masuk dikawasan ini. Sedangkan Konsepnya  mencakup wisata bahari, wisata budaya, agrowisata, sport tourism, Wallness Tourism dan Leizure.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Asep Setiawan melihat bahwa Bangka memiliki keunggulan potensi wisata budaya, kehidupan masyarakatnya sangat harmonis. Masyarakatnya rukun damai dan hidup saling berdampingan.

Tak itu saja, keunggulan Propinsi Bangka Belitung ini sebagai miniatur Indonesia ada keragaman suku budaya seperti di Muntok yang menjadi kota sejarah dan di Sungailiat ada kawasan penunjang yang menjadi kawasan religi Puri Tri Agung.

“Untuk itu pihaknya ingin mengembangkan suatu kawasan yang disebut Wonderful Sungailiat Bangka, menjadi new integrited tourism destinasion (destinasi pariwisata baru yang saling terintegritas),” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *