Gambaran Indonesia Dituangkan ke Dalam Lukisan Srihadi Soedarsono

IndonesiaNew, JAKARTA – Maestro pelukis Indonesia Srihadi Soedarsono menggelar pameran lukisan sekaligus meluncurkan bukunya diberi nama Srihadi Soedarsono: Man x Universe di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Pameran lukisan ini digelar dari tanggal 11 Maret hingga 9 April 2020, Srihadi Soedarsono memperkenalkan 44 karya terbarunya. Karya-nya tersebut merupakan gambaran soal Indonesia yang dituangkan ke dalam lukisan.

“Lukisan itu biasanya dinilai dari landscape. Di mana, landscape dari sisi kasat mata manusia adalah pemandangan alam, atau keindahan. Semuanya ada di Indonesia. Namun, landscape juga bicara dalam panorama Indonesia ruang lingkupnya sangat besar, salah satunya bentuk keprihatinan, perpolitikan yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Dalam menuangkan ide nya maka dirinya memilih Candi Borobudur sebagai simbol keberagaman yang ada di Indonesia. Terlebih, Candi Borobudur merupakan salah satu ikonik di Indonesia yang sudah mendunia.

“Candi Borobudur di lukisan ini hanyalah sebagai simbol identitas bangsa yang mempunyai nilai spiritual yang kaya serta Indonesia adalah bangsa besar, kaya akan alam, budaya serta memiliki kerukunan umat beragama,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengatakan melalui kehadiran lukisan Srihadi Soedarsono bisa menjadi tempat apresiasi buat anak muda melalui maestro pelukis indonesia untuk terus berkreasi melalui karyanya.

“Meskipun berusia senja namun dirinya tetap aktif berkarya sehingga menjadi inspirasi buat banyak generasi. Apalagi pameran ini menjadi wujud nyata dari Srihadi Soedarsono sebagai maestro seni lukis. Faktor kedisplinan dan kreativitas menjadi contoh buat generasi muda sehingga generasi muda bisa senantiasa mengembangkan bakatnya dalam berkreasi,” tukasnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.